Sensasi Arung Jeram dari Aek Silang Hingga Danau Toba

Arung Jeram di Danau Toba
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Kementerian Pariwisata tengah serius kembangkan wisata sungai di Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Sungai ini akan dijadikan lokasi atraksi wisata arung jeram dengan berakhir di Danau Toba.

Asupan Mineral Pembalap F1 Powerboat Danau Toba 2024 Terjaga

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan sungai tersebut hanya dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram. Sungai berada di Aek Silang memiliki potensi luar biasa dengan pemandangan yang indah di kawasan danau terbesar itu.

“Lokasi arung jeram ini sangat unik. Finish-nya di Danau Toba. Bukan di tengah sungai seperti di tempat lain. Jadi ini satu-satunya di dunia, arung jeram yang finish di sebuah danau,” kata Arief, Sabtu 10 November 2018.

Tubuh Manusia Tanpa Kepala Ditemukan di Perairan Danau Toba, Polisi Ungkap Fakta Mengejutkan

Ditambah lagi, Kecamatan Baktiraja sendiri berada di Lembah Bakkara. Kecamatan ini, diketahui sebagai tempat kelahiran dan basis pemerintahan Raja Sisingamangaraja. Tak heran, banyak situs peninggalan Raja Sisingamangaraja yang ditemukan. Seperti Istana Sisingamangaraja, Tombak Sulu Sulu sebagai goa tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I, serta makam raja ke-X dan XI.

“Selama ini Aek Silang belum masuk dalam paket wisata. Padahal, ini bisa dikemas dan ditawarkan sebagai atraksi paket wisata untuk wisatawan,” ungkapnya. 

F1 Powerboat Danau Toba 2024, Banyak Perputaran Uang dan Tingkatkan Investasi

Untuk itu, Kemenpar mendorong adanya operator arung jeram di Baktiraja dengan menciptakan Sumber Daya Manusia sebagai pemandu wisata. Tahap awal, saat ini sedang digelar Workshop Pelatihan Pemandu Arung Jeram. Kegiatan ini dimulai pada 3 November lalu, dan berakhir tanggal 10 November 2018. 

“Dengan adanya pelatihan ini, para pemuda Baktiraja dapat menjadi operator wisata arung jeram,” ujar Arief.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata sudah memberikan dukungan homestay di Baktiraja. Wisatawan sudah bisa menginap di homestay milik penduduk. Penghasilan warga pun bertambah.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman mengungkapkan arung jeram Aek Silang semakin memanjakan wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba dengan pilihan lokasi wisata yang ada.? Makin banyak atraksi wisata yang bisa dinikmati. Tak hanya sebatas pemandangan Danau Toba yang indah.

“Kini wisatawan bisa merasakan sensasi arung jeram di Aek Silang dengan latar belakang pegunungan, persawahan, kebun bawang, dan finish di Danau Toba. Itu sangat luar biasa,” kata Dadang. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya