Menpar Akui Gagal Penuhi Target 17 Juta Wisatawan ke Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Sumber :
  • Bobby Andalan/Bali/VIVA

VIVA – Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengakui jika target mendatangkan turis ke Indonesia yang diusung sebanyak 17 juta pada 2018 tidak tercapai. Realisasinya hanya 16,5 juta wisatawan yang bisa didatangkan ke Indonesia.

Arief Yahya Masuk Jajaran Tokoh Inspirasi Bangsa di Ajang Anugerah BUMN 2023

Artinya, kurang 500 ribu saja untuk memenuhi target 17 juta yang dicanangkan pada tahun ini.

"Tidak tercapai. Jadi, 17 juta kemungkinan tercapainya 16,5 juta. Mengapa tidak tercapai, karena gempa yang beruntun. Saya harus jawab juga. Sebenarnya tidak bagus, tapi saya jawab," kata Arief usai mewisuda 606 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata di Nusa Dua, Bali, Senin 12 November 2018.

Arief Yahya: Grab dan Bukalapak akan Menyusul GoTo

Tahun lalu, Arief melanjutkan, realisasi kedatangan wisatawan juga tidak mencapai target yang dipatok sebanyak 15 juta. "Tahun lalu terjadi hal yang sama. Sampai September 2017 semua orang confident waktu itu kita akan mencapai 15 juta sesuai target. Tapi terjadi erupsi Gunung Agung," papar dia.

Kerugian yang ditimbulkan akibat erupsi Gunung Agung mencapai US$1 miliar. "Dan kita sudah tidak kuat dahulu. Industri pariwisata di Bali tiga bulan itu kita sudah bendera putih. Saya dan Presiden datang ke sini itu baru titik memulai pemulihan. Januari recover 70 persen, Februari 90 persen, Maret 95 persen, April Bali pulih 100 persen," katanya.

Sandiaga, Arief Yahya dan Triawan Munaf Bahas Pariwisata Pascapandemi
Universitas Padjadjaran (Unpad) resmi meluncurkan Unpad EdEx

Resmikan Unpad EdEx, Universitas Padjadjaran Targetkan 100 Ribu Peserta di 2028

Universitas Padjadjaran (Unpad) resmi meluncurkan Unpad EdEx, sebagai penyedia pembelajaran eksekutif yang dapat dikonversi menjadi credit earning program pascasarjana.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2024