Menapaki Jejak Rasul di Setiap Sudut Perjalanan Religi

Ilustrasi masjid
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Tidak bisa dipungkiri bahwa kawasan Timur Tengah khususnya Arab Saudi memang menjadi salah satu negara yang dijadikan tujuan utama orang-orang Indonesia untuk berwisata religi. Salah satu tujuan masyarakat Indonesia memadati Arab Saudi setiap tahunnya adalah untuk melakukan ibadah ke Mekah.

Klarifikasi Gus Iqdam usai Sebut Palestina Aman dan Damai: Perangnya Itu di Gaza

Selain ke Mekah, orang Indonesia juga banyak melakukan perjalanan wisata religi dengan menapaki jejak Nabi Muhammad SAW dari setiap sudut masjid, yang menjadi saksi hidup perjalanan Beliau dahulu kala, salah satunya Masjid Al-Aqsa yang berada di Palestina.

Perusahaan travel yakni Rafa Lintas Cakrawala baru saja mengadakan perjalanan mengunjungi jejak Rasul dengan tajuk Jelajah Jejak Rasul. Handayani Patrianti, yang akrab dipanggil Ibu Anti selaku managing director Rafa Lintas Cakrawala mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mengajak para jemaah menapaki jejak para Rasul di sejumlah negara yakni Palestina, Yordania, dan Mesir.

Khawatir Malapetaka, NU Desak Israel Buka Akses Masjidil Aqsa bagi Muslim Selama Ramadhan

“Melalui program ini, kami ingin mengajak para jemaah menapaki jejak-jejak para Rasul. Termasuk pula mengunjungi Masjid Al Aqsa di Palestina, yang merupakan masjid ketiga kaum Muslimin, setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi,” ucapnya dalam rilis yang diterima VIVA, Selasa 13 November 2018.

Biasanya program wisata Muslim ke tiga negara tersebut dilaksanakan selama 10 hari, dengan menginap selama delapan malam. Namun, Rafa Lintas Cakrawala menyediakan program 12 hari dengan menginap 10 malam.

Pemerintah Israel Akhirnya Izinkan Warga Muslim Palestina Ibadah di Masjid Al-Aqsa saat Ramadhan

“Rafa Lintas Cakrawala rutin melaksanakan program Jelajah Jejak Rasul setiap tahunnya. Program terbaru berikutnya akan dilaksanakan pada Januari 2019,” tuturnya.

Kemudian dalam pelaksanaannya pada Maret 2019, Ibu Anti mengatakan akan ada hal yang spesial yakni para jemaah akan berada di Masjidil Aqsa pada saat peringatan Isra Mi’raj.

“Yang paling spesial adalah program bulan Maret 2019, di mana para jemaah akan berada di Masjidil Aqsa pada momentum peringatan Isra Mi’raj,” ucap Ibu Anti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya