7 Tips Traveling Pakai Campervan Ala Nadine dan Dimas Anggara

Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara
Sumber :
  • Tourism New Zealand

VIVA – Belum lama ini, pasangan selebriti Indonesia Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara baru saja menghabiskan waktu berbulan madu di New Zealand.

Unveiling the Places on Earth Without Snakes

Dalam perjalanannya, mereka mengunjungi Pulau Selatan untuk menikmati pemandangan dan menjelajah wilayah itu. Menariknya, mereka melakukannya dengan menggunakan campervan.

Dengan menggunakan campervan kita bisa lebih leluasa memutuskan kapan, di mana, dan bagaimana kita ingin menikmati liburan mereka tanpa mengurangi kenyamanan.

Leony Bakal Rayakan Natal Bareng Kekasih di New Zealand

Nah, jika tertarik untuk menjelajahi New Zealand dengan menggunakan campervan, ada beberapa hal yang mesti diketahui. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda seperti dilansir rilis Tourism New Zealand.
 
1. Pastikan Anda memiliki Izin Mengemudi Internasional

Di New Zealand, seorang harus memiliki Izin Mengemudi Internasional yang masih berlaku untuk dapat menyewa campervan dan mengemudi dengan legal. Selain itu, pastikan mempelajari peraturan lalu lintas New Zealand dengan mengambil atau mengikuti tes berangkat untuk pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan selama berlibur.
 
2. Cari tahu tipe campervan yang dibutuhkan

Dimas Anggara Debut Jadi Sutradara, Begini Respons Nadine Chandrawinata

Pilihlah campervan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Hal ini membuat bepergian lebih aman dan nyaman. Secara umum, ada tiga jenis campervan yang tersedia di New Zealand: camper car, campervan, dan motorhome. Camper car adalah jenis terkecil dari campervan yang hanya menyediakan area tempat tidur dan tempat duduk, sementara campervan, pilihan paling populer untuk wisatawan, memiliki ruang yang lebih luas untuk menyediakan dapur, toilet, serta tempat penyimpanan bagasi.

Jika prioritas Anda adalah tingkat kenyamanan yang tinggi, coba sewa motorhome, seperti yang dipakai Nadine dan Dimas ketika perjalanan bulan madu mereka. Lebih besar dan lebih luas, motorhome tidak hanya memiliki fasilitas utama yang lengkap, namun juga tangki air dan sistem daur ulang air (grey water).


 

3. Cari tahu tempat berkemah di New Zealand

New Zealand memiliki lebih dari 500 lokasi berkemah bebas secara bertanggung jawab dengan berbagai pemandangan yang indah. Namun, lebih baik jika Anda mengunjungi pusat informasi setempat atau situs Freedom Camping website sebelumnya, karena masing-masing lokasi memiliki peraturan berkemah yang berbeda.
 
4. Rencanakan rute Anda

Hindari perubahan pada menit-menit terakhir di tengah perjalanan dengan melakukan riset menyeluruh mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungi, serta waktu terbaik untuk melakukan perjalanan tersebut. Selain itu, coba cari perhentian atau tempat istirahat yang dapat memberikan Anda pemandangan terbaik dan banyak kesempatan untuk foto Instagram.


 

5. Rawat campervan Anda

Jaga campervan Anda agar tetap bersih dan nyaman dengan mengosongkan wastewater di sarana pembuangan khusus. Sarana ini banyak ditemukan di tempat perkemahan, tetapi Anda juga bisa menemukannya di beberapa tempat umum lainnya seperti tempat parkir mobil. Membuang sampah dapat menghindari bau tidak sedap di campervan dan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar Anda.
 
Perhatikan juga indikator tangki bensin Anda. Supaya aman, segera penuhi tangki bensin ketika sudah tinggal setengah. Jangan menunggu sampai hampir kosong karena pom bensin yang banyak ditemukan di kota-kota besar jarang tersedia di kota-kota kecil atau di sepanjang perjalanan antar kota.
 
6. Rencanakan konsumsi

Selain merencanakan rute, penting juga untuk merencanakan konsumsi Anda, baik itu barbeque di tepi pantai, piknik di taman, atau makan di restoran. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan bahan-bahan yang harus disiapkan atau dibeli, sehingga waktu makan menjadi lebih menyenangkan di New Zealand. Tips: Jangan lupa berhenti di swalayan untuk membeli berbagai kudapan ringan apabila mendadak lapar di perjalanan.
 
7. Tetap waspada

Penduduk New Zealand yang ramah akan membuat Anda merasa diterima dan aman, tetapi tidak ada salahnya untuk selalu waspada terhadap situasi apa pun. Nomor darurat untuk kebakaran, ambulans, dan polisi adalah 111. Jangan takut untuk meminta pertolongan dari penduduk New Zealand karena mereka terkenal akan kehangatan dan kesediaan mereka untuk membantu. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya