Logo timesindonesia

Empat Wisata Desa di Bondowoso Paling Eksis

Salah satu wisata desa di Kabupaten Bondowoso, yakni wisata air Alas Sumur (Almour) (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Salah satu wisata desa di Kabupaten Bondowoso, yakni wisata air Alas Sumur (Almour) (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, mempunyai banyak destinasi wisata desa. Namun dari sekian banyak wisata desa tersebut, hanya ada empat yang dianggap paling eksis.

Di antara empat wisata desa yang eksis tersebut adalah, Wisata Desa Glingseran Kecamatan Wringin, Wisata Tubbing Lombok Kulon, wisata air Alas Sumur, dan Tirta Agung.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Harry Patriantono menjelaskan, bahwa ke depannya akan ada beberapa desa lagi yang akan dikembangkan. Seperti di Botolinggo, Tamanan, Sumberwringin, dan Desa Penambangan. Itu, kata dia, adalah program berikutnya.

Karena, dengan banyaknya wisata desa tersebut, jelas Harry, terdapat multiplier effect yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat di desa tersebut.

“Yang jelas adalah mengangkat perekonomian rakyat. Itu kelihatan sekali seperti di Alas Sumur dan Tirta Agung. Itu perekonomian rakyat sudah mulai bergerak,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan anak-anak muda juga mulai menggeliat, seperti menjual souvenir, penanganan kuliner di tempat wisata, dan itu sudah sangat terlihat. Bahkan, juga terdapat beberapa unit usaha yang dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Dijelaskannya juga, dari wisata desa tersebut, belum ada untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah), karena untuk PAD-nya lebih kepada retribusi saja.