Ke Solok Selatan Yuk, Ada Festival Saribu Rumah Gadang Lho

Salah satu situs Saribu Rumah Gadang Solok Selatan
Sumber :
  • instagram.com/disparbudsolsel

VIVA – Bagi Anda wisatawan yang kini sedang berada di Sumatera Barat sangat dianjurkan untuk datang ke Kabupaten Solok Selatan. Pasalnya, ada Festival Saribu Rumah Gadang yang menampilkan berbagai macam atraksi kebudayaan dan kesenian tradisional serta suguhan kuliner-kuliner lezat khas Solok Selatan.

Dilanda Banjir dan Longsor, Solok Selatan Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Festival ini akan dihelat mulai 22 hingga 25 Maret 2019. Pemerintah setempat dan penyelenggara, meyakini dengan penampilan suasana zaman dahulu akan lebih memperkuat kawasan objek wisata Saribu Rumah Gadang sebagai branding-nya pariwisata Kabupaten Solok Selatan.

Sepanjang ruas jalan kawasan saribu rumah gadang, Anda dapat melihat penampilan musik tradisi dan pertunjukan silat yang memang disuguhkan untuk menyambut para tamu yang datang. Konseptor Festival Seribu Rumah Gadang Hartati menyebut, melalui festival ini, pihaknya ingin menggali kembali adat budaya dan kesenian yang ada.

Hampir 100 Persen Warga Solok Selatan Punya Jaminan Kesehatan BPJS

Hal itu agar dapat memperkuat pariwisata Solok Selatan. Screen proyektor dan live streaming pun diadakan agar seluruh masyarakat bisa menyaksikan apa yang disuguhkan.

Gandang Sarunai Solok Selatan Dinobatkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda

"Kami upayakan menempatkan screen proyektor dan live streaming. Festival Saribu Rumah Gadang ini akan memperkuat objek wisata Saribu Rumah Gadang sebagai branding-nya pariwisata Kabupaten Solok Selatan," kata Hartati, Jumat 22 Maret 2019.

Selain menyedot perhatian wisatawan, Hartati menegaskan bahwa Festival Saribu Rumah Gadang ini, juga diadakan dengan tujuan mengajak generasi muda mengenal kembali budaya yang ada di Solok Selatan, sehingga budaya ini tidak hilang begitu saja. Bahkan nantinya, seluruh pelajar dari taman kanak-kanak akan diajak berkeliling ke kawasan saribu rumah gadang dan empat unit museum pribadi untuk melihat benda-benda dan koleksi yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Jadi, tak rugi rasanya jika Anda menyempatkan diri datang ke Solok Selatan. Sajian kuliner, kesenian, budaya khas di sana dipastikan akan memukau Anda dan membuat Anda merasa betah untuk tinggal lama-lama di Solok Selatan. Balutan keindahan alam, dan kesejukan udara gunung Kerinci akan menambah sensasi selama Anda di sana. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya