Ujung Kulon Siap Jadi Geopark Nasional, Kampung Wisata Menggeliat Lagi

Taman Nasional Ujung Kulon
Sumber :
  • Dok. Ardha Prasetya

VIVA – Pasca tsunami Selat Sunda yang menerjang Banten pada akhir tahun 2018 lalu, pemerintah pusat dan daerah terus berjuang untuk membangun kembali dan meningkatkan jumlah wisatawan ke Banten.

Viral, Jembatan Cidaon Ujung Kulon Ambruk Wisatawan Kecebur

Irna Narulita, Bupati Pandeglang mengatakan bahwa berkat dukungan dari Kementerian Pariwisata, sektor pariwisata Banten kembali bangkit pasca tsunami, khususnya pada bagian wisata pantai.

“Berkat dukungan yang luar biasa dari Bapak Menteri (Pariwisata) dan beberapa kebaikan yang sudah didorong kita akan memiliki akses tol sehingga nanti tidak jauh lagi wisatawan datang,” ucap Irna di Tanjung Lesung Banten, Senin, 1 April 2019.

Kabar Baik, Dua Badak Bercula Satu Lahir di Ujung Kulon

Irna menjelaskan bahwa Banten memiliki ratusan destinasi wisata yang terdiri dari wisata keanekaragaman hayati, budaya, dan juga geologi. Bahkan dalam waktu dekat, Banten akan memiliki taman bumi atau geopark yang berada di Ujung Kulon.

“Kita punya 256 destinasi wisata, kita punya keanekaragaman hayati, budaya, dan geologi yang luar biasa. Agar Pandeglang punya taman bumi, Ujung Kulon menuju (kawasan) geopark nasional,” tuturnya.

Gempa Guncang Banten, Warga Ujung Kulon Bilang Tidak Takut

Geopark atau taman bumi juga ada di daerah Sukabumi, dengan nama Geopark Ciletuh. Tidak hanya geopark, Irna menambahkan bahwa kampung-kampung wisata di Banten juga sudah mulai menggeliat kembali.

“Sudah mulai kemarin ada tim, sudah ada FGD juga. Nanti akan didukung Geopark Ujung Kulon ini supaya menaikkan wisata Banten. Kampung-kampung wisata kami juga sudah mulai menggeliat lagi,” ucap Irna.

Kerusakan atap dan genting aula pusat ECO edutourism pascagempa di Kampung Legon Pakis, Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat, 14 Januari 2021.

Beberapa Bangunan di TN Ujung Kulon Rusak akibat Gempa Banten

Gempa yang mengguncang wilayah Banten, pada Jumat sore, mengakibatkan sejumlah bangunan di Taman Nasional Ujung Kulon mengalami kerusakan.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022