Mudik Lewat Tol Trans Jawa Masih Bisa Mampir Wisata Kuliner

Mudik Lewat Tol Trans Jawa Masih Bisa Mampir Wisata Kuliner

Rabu, 22 Mei 2019 | 17:45 WIB
Bisa keluar tol lalu masuk lagi dengan biaya yang tak mahal
Jembatan Kali Kuto, Jalur Mudik Tol Trans Jawa
Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jembatan Kali Kuto, Jalur Mudik Tol Trans Jawa

VIVA – Mudik tahun ini, mereka yang pulang ke kampung halaman seolah diberi banyak pilihan. Kalaupun tarif pesawat mahal, jalur darat kini juga dijanjikan jauh lebih nyaman dengan hadirnya tol Trans Jawa yang secara keseluruhan menyambung Jakarta dari Merak hingga Probolinggo.

Meski memberi kenyamanan dan memangkas waktu tempuh, tidak seperti mudik melalui jalur darat biasanya, di mana orang akan mampir-mampir untuk sekadar mencari makanan khas dari wilayah yang dilewati. Melintasi jalur tol, tentu saja harus berpikir ulang sebelum keluar dan kembali masuk. Terlebih, mengingat harga ruas tol sepanjang 965 kilometer ini juga tak murah.

Demi menarik minat wisatawan nusantara, Kementerian Pariwisata telah merancang beberapa hal agar masyarakat yang melintasi jalur ini tertarik untuk keluar tol dan menikmati kuliner atau sekadar melihat atraksi lokal. Salah satunya dengan membuat rest area besar dengan cakupan UMKM 70 hingga 80 persen.

Dan usulan lainnya adalah yang sampai membuat Menpar Arief Yahya salah kamar saat mengajukan usulan, yaitu memberikan tarif reduksi bagi mereka yang telah masuk tol, namun ingin keluar dan kembali masuk.