Pantai Kalepe Bima, Destinasi Wisata Sejarah Kerajaan Kuno

Pantai Kalepe di BIma
Sumber :
  • Viva.co.id/Satria Zulfikar Kontributor Mataram

VIVA – Satu lagi destinasi wisata yang menarik dikunjungi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Adalah Pantai Kalepe terletak di Desa Tolo Uwi, Kecamatan Monta, menjadi destinasi wisata sekaligus sejarah.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Pantai berbatu karang tersebut menyediakan spot alam yang menarik. Deburan ombak yang memecah karang menjadi pemandangan yang terus akan dilihat.

Tidak hanya aroma laut, aroma sejarah juga hadir di pantai tersebut. Masih terdapat bekas-bekas peninggalan kerajaan dahulu kala. Sejarah dahulu kala di pantai tersebut berdiri Kerajaan Doro Rasa yang kemudian berubah menjadi Kerajaan Kalepe. Yang menjadi legenda tentang anak putri raja bernama La Bibano. Seorang perempuan cantik yang menjadi rebutan.

Rekomendasi Wisata Anti-Mainstream di 5 Tempat Kelahiran Pahlawan Nasional

"Tidak hanya indah lautanya yang menjadi daya tarik, namun pantai ini adalah destinasi yang memiliki sejuta sejarah dan jejak peninggalan," ujar warga setempat, Juliansyah Dermawan belum lama ini.

Dia juga mengungkapkan, di puncak gunung sekitar ada sebuah lubang yang dalam dan berisi air. Dari lubang itu pengunjung dapat melihat bibir pantai. "Sedikit aneh tapi itulah kenyataannya," ungkapnya.

Angkat Sport Tourism, Belitung Triathlon Challenge 2022 Sukses Digelar

Untuk menuju pantai tersebut, pengunjung bisa menyewa boat Rp20 ribu. Akan dibawa ke Pantai Kalepe dan melihat keindahan alam juga jejak sejarah masa lalu. (mus)

Ilustrasi masjid.

Isi Libur Lebaran, Yuk Jelajahi Sejarah Islam dengan Cara Seru dan Edukatif

Libur Lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih. Selain bersilaturahmi, mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang edukatif.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024