7 Aturan Tak Tertulis Ini Penting Diikuti Penumpang Pesawat - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 12 Juni 2019 | 22:09 WIB

7 Aturan Tak Tertulis Ini Penting Diikuti Penumpang Pesawat

Ada beberapa kebiasaan penumpang yang ternyata mengganggu.
Ilustrasi penumpang di dalam pesawat.
Photo :
  • vstory

Ilustrasi penumpang di dalam pesawat.

VIVA – Berada di tempat umum dan tanpa peraturan seolah membuat orang merasa bebas dan dibenarkan melakukan apapun yang mereka suka. Padahal dengan sedikit etika bisa membuat orang lain lebih nyaman.

Begitupun dengan etika saat berada di dalam pesawat. Faktanya, Expedia mengungkap ada beberapa kebiasaan penumpang yang ternyata mengganggu. Seperti mabuk, menendang bangku, penyebar kuman, bau badan. 

Pakar etika William Hanson mengungkap peraturan tak tertulis bagi penumpang pesawat yang sebaiknya diikuti. Meski tak tertulis beberapa hal ini jika dilakukan bisa membuat nyaman tak hanya awak maskapai tapi juga penumpang lainnya. Dilansir Mirror, Rabu, 12 Juni 2019, berikut etika yang sebaiknya diikuti oleh penumpang. 

Selalu siap

Selalu siap, maksudnya adalah menyiapkan boarding pass, baik saat check-in, melewati keamanan, belanja di bandara, dan ketika boarding. 

Naik sesuai urutan

Semua orang tak ingin dilompati antreannya bukan, jadi ingat nomor urutan boarding yang tertera dalam boarding pass dan dengarkan pengumuman.

Barang bawaan

Membawa tas ke atas kabin, perhatikan memeriksa batasan ukuran dan berat yang diperbolehkan, ini bisa dicari melalui online sebelum check-in, tak ada seorang pun ingin penerbangannya terlambat karena Anda harus mengemas ulang barang bawaan. 

Berbaring atau tidak 

Untuk penerbangan jarak jauh, kapan waktunya membuat bangku dalam posisi berbaring, dan jika makanan datang ketahui kapan makanan sisa diambil atau tidak, Anda tentu tak ingin menumpahkan makanan orang di bangku belakang bukan. 

Expedia menemukan bahwa hanya ada dua orang Inggris yang bertanya pada penumpang di belakang mereka sebelum menegakkan atau membaringkan tempat duduk. 

Hindari penyebaran kuman

Jika sudah direncanakan bisa saja memilih tempat duduk dekat jendela untuk membatasi kontak dengan penumpang lain. Dan terakhir, anggap penerbangan sebagai kesempatan untuk istirahat. Kurang tidur bisa membuat lebih rentan penyakit. 

Penendang bangku

Cara paling dewasa untuk menghadapi orang yang suka menendang bangku adalah dengan menengok ke belakang dengan sopan dan meminta mereka berhenti. Senyum dengan sopan dan kata-kata tegas disertai ucapan terima kasih seharusnya bisa berhasil. 

Ucapkan terima kasih

Ketika awak maskapai menyapa, pastikan membuat kontak mata dan ucapkan terima kasih atas waktu dan pelayanan mereka. 

loading...
Muat Lainnya...