Logo timesindonesia

Goa Pandawa Tempat Paling Strategis Menanti Sunrise

Goa Pandawa, tempat ketinggian paling strategis untuk melihat sunrise di Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Goa Pandawa, tempat ketinggian paling strategis untuk melihat sunrise di Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Sumber :
  • timesindonesia

Tidak ada tempat strategis seperti Goa Pandawa untuk memantau jantung Kota Batu. Puncak Goa Pandawa yang berada di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini tempat paling strategis melihat Sunrise di Kota Batu. 

Dahulu tentara Belanda di masa agresif Belanda ke II, mati-matian berusaha merebut tempat ini dari tangan para pejuang. Hingga akhirnya para pejuang membuat strategi memutus tebing, agar pasukan Belanda tidak bisa merebut tempat ini. 

Kini posisi strategis ini dimanfaatkan oleh Kelompok Masyarakat Dusun Brau, Desa Gunungsari untuk obyek wisata Goa Pandawa. Kalau Anda sedang berkunjung ke Kota Batu, rugi jika tidak berkunjung ke obyek wisata ini. 

Goa Pandawa lokasinya satu gugusan gunung dengan Gunung Banyak, Songgoriti. Hanya saja untuk mencapai tempat ini, wisatawan bisa melalui Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 

Namun, jika ingin mudah, lebih baik mengikuti paket wisata yang disediakan Sengkuyung Bumiaji. Tinggal menghubungi Sengkuyung Bumiaji 081252550343. 

"Obyek wisata ini kita buat pada bulan September tahun 2017 lalu, kita bangun destinasi ini secara swadaya," ujar pengelola Goa Pandawa, Kabul Arifin. 

Luas areal Goa Pandawa ini mencapai 8 hektar dengan berbagai spot foto. Tidak hanya spot foto buatan, spot alami pun banyak tersedia di sini.