Demo Hong Kong, 10 Negara Keluarkan Travel Warning Termasuk Indonesia
Rabu, 14 Agustus 2019 | 11:33 WIB

Demo Hong Kong, 10 Negara Keluarkan Travel Warning Termasuk Indonesia

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan menghindari demo Hong Kong
Hong Kong.
Photo :
  • Freepik/may_chanik

Hong Kong.

VIVA – Demo Hong Kong tidak kunjung surut sejak sembilan minggu yang lalu. Unjuk rasa ini ditujukan untuk menolak rancangan undang-undang ekstradisi yang terus meluas.

Akibat demo Hong Kong tersebut, beberapa negara mengeluarkan travel warning kepada warga negaranya sedang berada atau akan pergi ke Hong Kong. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah negara yang mengeluarkan travel warning.

1. Inggris

Dalam situs resminya, GOV.UK, Inggris telah mengeluarkan travel advice pasca protes lanjutan dan pembatalan penerbangan di Bandara Internasional Hong Kong pada 13 Agustus 2019. Pemerintah Inggris meminta warganya untuk memeriksa status penerbangan mereka dan informasi terbaru di situs web Bandara Internasional Hong Kong

Selain itu, pemerintah Inggris juga meminta warganya menghubungi maskapai penerbangan mereka untuk mendapatkan informasi dan pengaturan penerbangan alternatif.

Bagi warga Inggris yang telah berada di Hong Kong pemerintah Inggris pun meminta mereka untuk berhati-hati dan waspada.

"Jika Anda berada di dalam dan di sekitar area di mana demonstrasi berlangsung, Anda harus tetap waspada, mengikuti saran dari otoritas setempat dan pindah dengan cepat ke tempat yang aman jika ada tanda-tanda kekacauan," tulis pengumuman tersebut.

Pemerintah Inggris juga memberikan kontak kedutaan Inggris terdekat untuk memberikan bantuan imergensi.

Baca juga: Soal KPI Ingin Pantau Netflix dan Youtube, Pengamat Setuju Kantor bukan Sensor 

2. Australia