Mau Liburan? Ini Alasan Pentingnya Punya Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan Traveloka.
Sumber :
  • Traveloka

VIVA – Traveling kini sudah menjadi kebutuhan pokok kaum urban. Bahkan, beredar anggapan begini: sandang, pangan, dan jalan-jalan. Jadi, wajar jika setiap orang sekarang memiliki tabungan untuk berlibur. Entah itu untuk liburan setiap tahun atau setiap bulan, ke luar negeri atau mengeksplor Nusantara, dengan keluarga, pasangan, sahabat atau rekan kerja.

Maskapai Pesawat Terbesar di Timur Tengah Buka Kembali Rute Penerbangan Setelah Serangan Iran

Namun, dari banyaknya traveler, nyatanya sebagian besar kerap mengabaikan satu hal yang penting, yaitu asuransi perjalanan. Sematang apa pun persiapan perjalanan kamu, kadang masih ada saja sejumlah hal di luar kendali yang mungkin terjadi. Sebut saja keterlambatan penerbangan, bagasi rusak atau hilang, permasalahan reservasi kamar, hingga yang terburuk: kecelakaan.

Kabar baiknya, kamu tak perlu khawatir menghadapi hal tersebut jika punya asuransi perjalanan. Traveloka menghadirkan layanan asuransi yang akan meringankanmu dari kerugian akibat gagal berangkat. Bekerja sama dengan ACE Jaya Proteksi, Traveloka memberikan jaminan ganti rugi sesuai syarat dan ketentuan bagi kamu yang batal naik pesawat atau menginap di hotel.

Mereda, Israel Buka Kembali Ruang Udara Setelah Dibombardir Iran

Apa yang Ditawarkan Asuransi Perjalanan Traveloka?

1. Perlindungan Keterlambatan Penerbangan

Arus Balik Lebaran, KCIC Prediksi Penumpang Kereta Cepat Whoosh Capai 20 Ribu Hari Ini

Kamu bisa menghindari stres ketika terjadi penundaan atau bahkan pembatalan penerbangan. Segala gangguan yang terjadi pada rencana penerbangan kamu akan ditanggung hingga Rp7,5 juta.

2. Cakupan Kecelakaan Diri

Pastikan kamu terlindungi sepenuhnya ketika menghadapi situasi yang tidak diharapkan. Kecelakaan yang terjadi saat perjalanan kamu akan ditanggung hingga Rp15 juta.

3. Pertanggungan Biaya Medis

Perawatan darurat adalah hal yang tidak menyenangkan, terutama ketika harus membayar biaya rumah sakit yang mahal. Tapi tenang saja, karena ada tanggungan biaya pengobatan hingga Rp500 juta.

4. Perlindungan Bagasi Hilang

Sudah mendarat, tapi tidak menemukan bagasi kamu? Tidak usah panik! Segala barang yang hilang atau rusak dapat diklaim hingga Rp15 juta.

Apa Keuntungan Asuransi Perjalanan Traveloka?

1. Biaya Asuransi Kecil tapi Dapat Ganti Rugi Besar

Kamu mungkin berpikir, buat apa keluar biaya tambahan untuk bayar asuransi kalau nanti tidak terpakai? Eits, kamu tak pernah tahu apa yang bisa terjadi di waktu mendatang. Bagaimana kalau kamu terpaksa batal pergi dan uang yang telah dikeluarkan sebelumnya tidak bisa dikembalikan? Di sinilah kamu butuh asuransi perjalanan. 

Tenang saja, biaya asuransi di Traveloka sangat terjangkau, baik untuk penerbangan maupun hotel. Bayangkan saja, dengan biaya minimal Rp12.500 untuk tiket pesawat dan hotel, kamu sudah bisa mendapatkan ganti rugi mencapai jutaan rupiah jika kamu batal bepergian dengan alasan yang sesuai ketentuan.

2. Berlaku untuk Maskapai Full-Service dan Low Cost Carrier (LCC)

Semua penumpang maskapai full-service maupun Low Cost Carrier (LCC) memiliki hak yang sama dalam pelayanan, termasuk asuransi. Untuk itu, tersedia rencana asuransi bagi masing-masing penerbangan full-service dan LCC. 

Ada dua jenis rencana asuransi, yaitu Basic Plan untuk LCC dan Premium Plan untuk maskapai full-service. Kedua jenis asuransi ini menetapkan biaya yang tak akan membuat kantong kering, yaitu Rp12.500 untuk LCC sekali jalan dan Rp22.000 untuk maskapai full-service sekali jalan.

Sementara buat kamu yang memesan tiket pesawat round-trip, syaratnya hanya satu: jarak antara tanggal keberangkatan dan kepulangan tidak boleh melebihi 30 hari. Biaya asuransi untuk penerbangan round-trip dengan LCC dan maskapai full-service masing-masing sebesar Rp24.500 dan Rp44.000.

3. Bisa untuk Menginap di Hotel Luar Negeri

Tak hanya memanjakan tamu yang akan menginap di hotel dalam negeri, Traveloka juga memberikan jaminan untuk tamu yang hendak menginap di hotel luar negeri. Biaya asuransi yang ditetapkan juga tak kalah murah dengan tiket pesawat. 

Untuk hotel dalam negeri, premi yang diberlakukan adalah sebesar 2,5% dari total biaya menginap, atau minimum Rp12.500. Sedangkan untuk hotel di luar negeri, kamu cukup menambah 3,5% dari total biaya menginap, atau minimum Rp52.500.

4. Kamu yang Batalin, Kamu yang Dapat Ganti Rugi

Pemberian ganti rugi tidak hanya mengacu pada pembatalan penerbangan oleh maskapai, tapi juga oleh penumpang. Ini artinya, meskipun pembatalan penerbangan disebabkan oleh alasan pribadi, kamu tetap bisa mendapat ganti rugi, dengan catatan alasanmu memenuhi syarat dan ketentuan asuransi.

Beberapa alasan pembatalan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan asuransi Traveloka, antara lain: kamu jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, terdapat anggota keluarga yang meninggal atau rawat inap, dan tempat tinggalmu terkena bencana alam. 

Ganti rugi dari pembatalan penerbangan karena sederet alasan tadi bisa mencapai Rp2,5 juta untuk Basic Plan pulang pergi, dan hingga Rp10 juta untuk Premium Plan pulang pergi. Selain pembatalan karena alasan tadi, pembatalan oleh maskapai dan keterlambatan jadwal penerbangan juga tetap mendapat ganti rugi.

Bagaimana cara membeli asuransi perjalanan Traveloka?

Untuk membeli asuransi perjalanan di Traveloka, kamu cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pergi ke Asuransi pada Traveloka App.

2. Ketuk Asuransi Penerbangan & Perjalanan pada bagian Semua Pilihan Asuransi.

3. Pilih Domestik Indonesia atau Ke Luar Indonesia sesuai dengan perjalanan kamu.

4. Isi tanggal perjalanan kamu. Setelah itu, pilih asuransi kamu.

Dengan ikut asuransi dari Traveloka, kamu tidak perlu khawatir bila terjadi hal-hal tak terduga yang terpaksa membuatmu batal bepergian. Ibarat pepatah “sedia payung sebelum hujan”, asuransi ini merupakan upaya preventif yang paling aman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai asuransi perjalanan dari Traveloka, kamu bisa cek di halaman bantuan Traveloka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya