Rekomendasi Onsen, Berendam di Sumber Air Panas Cantik di Jepang

Nyuto Onsenkyo - Prefektur Akita
Sumber :
  • JR East Pass

VIVA – Berendam air panas di tengah udara yang dingin, tentu bisa membantu menghangatkan dan merelaks-kan tubuh. Ya, saat kamu liburan ke Jepang, ada banyak sekali onsen sebagai tempat berendam.

Private Tour Anti Ribet, Pilihan Ideal Trip Ke Jepang

Perlu diketahui, Onsen, adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Penginapan yang memiliki tempat pemandian air panas disebut penginapan onsen (onsen yado).

Sebagai referensi, untuk kamu yang suka berendam air panas, daerah Kanto dan Tohoku memiliki banyak onsen (sumber air panas) yang terkenal, tersembunyi, dan memiliki berbagai macam jenis. Saat berendam di onsen, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Apalagi, jika kamu berendam ketika musim gugur.

Kenapa Tiket ke Jepang Lebih Mahal Belakangan Ini?

Lewat rilis yang diterima VIVA, kamu dapat menikmati wisata onsen yang santai sambil dimanjakan oleh pesona dedaunan dan pemandangan yang indah.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat onsen di daerah Tohoku dan Kanto. Bagi yang menyukai pemandian air panas, disarankan untuk menggunakan pass yang bisa digunakan sepuasnya untuk perjalanan yang lebih nyaman dan menguntungkan.
 
Nyuto Onsenkyo (Prefektur Akita)

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

Nama “Nyuto Onsenkyo” berasal dari tujuh sumber air panas yang tersebar di kaki Gunung Nyuto dan Taman Nasional Hachimantai. Tujuh mata air tersebut memiliki mata air sendiri dan terdapat lebih dari sepuluh jenis mata air di Nyuto Onsenkyo. Pemandian air panas di sekitar tujuh mata air tersebut dikatakan efektif untuk menyembuhkan penyakit. Di antaranya adalah Tsurunoyu Onsen yang memiliki sejarah terpanjang di Nyuto Onsenkyo dan merupakan pemandian air panas yang sudah lama menjadi penguasa Akita.

Nyuto Onsenkyo - Prefektur Akita
Minamida Onsen (Prefektur Aomori)

Onsen yang mengandung apel ini adalah sumber air panas kecantikan yang populer di kalangan wanita karena efek kesegaran dan kelembutan di kulit. Aroma asam manis serta komposisi dari apel membuat kulit dan pikiran terasa jernih. Dari tempat pemandian, kamu dapat melihat pemandangan Bentang Alam Tsugaru, Dataran Tsugaru, Pegunungan Shirakami, dan Pegunungan Hakkoda.

Minamida Onsen - Prefektur Aomori


Hanamaki Onsenkyo (Prefektur Iwate)

Hanamaki Onsenkyo merupakan daerah penginapan di sepanjang sungai Toyozawa dan Daigawa, yang memiliki onsen di daerah pegunungan dan pedesaan. Terdapat banyak mata air panas yang unik, mulai dari sumber air panas rahasia yang telah lama berdiri hingga hotel modern dan berbagai jenis sumber air panas.
 
Ginzan Onsen (Prefektur Yamagata)

Penginapan dari kayu yang berjajar di sepanjang tepi sungai Ginzan ini dibentuk dari periode Taisho hingga awal periode Showa. Bentuk bangunan yang bergaya barat memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan kuno era Roman Taisho. Kota Onsen yang menawan ini sangat terkenal. Tempat ini menjadi terkenal karena merupakan lokasi syuting serial TV NHK “Oshin”.  

Ginzan Onsen - Prefektur Yamagata
 
Akiu Onsen (Prefektur Miyagi)

Terletak di sepanjang lembah Sungai Natori di bagian barat kota Sendai. Dahulu, Masamune Date, seorang samurai penguasa Sendai, menyukai Akiu Onsen sehingga lokasi tersebut dilindungi sebagai sumber air panas khusus untuk keluarga Date.  

Akiu Onsen - Prefektur Miyagi
 
Higashiyama Onsen (Prefektur Fukushima)

Higashiyama Onsen ditemukan sekitar 1300 tahun yang lalu oleh seorang rahib Yukimoto terkenal, dan tempat ini merupakan desa onsen bersejarah yang termasuk di Okusan Sanrakugo. Dengan adanya ryokan (penginapan tradisional) yang berbaris di sepanjang Sungai Yukawa dan rumah Sukiya (rumah bergaya Jepang), pengunjung dapat menikmati suasana onsen tradisional. Desa ini sempat dikunjungi oleh beberapa tokoh penting seperti Toyotomi Hideyoshi, Toshizo Hijikata (Wakil Direktur Shinsengumi), serta disukai oleh pelukis dan penulis terkemuka seperti Yumeji Takehisa dan Akiko Yosano.

Higashiyama Onsen - Prefektur Fukushima
 
Kusatsu Onsen (Prefektur Gunma)

“Selain penyakit cinta, penyakit apapun bisa disembuhkan”, itulah pepatah yang mempopulerkan tempat ini sehingga menjadi salah satu sumber air panas paling terkenal di Jepang. Selain kandungannya yang kaya akan mineral, onsen yang menyebar di sekitar Yubatake turut menjadi daya tarik yang besar. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berkeliling di sekitar kota, berfoto di depan Air Terjun Yudaki, menyaksikan pertunjukan tradisional “Yumomi to Odori” di Kusatsu Onsen, dan tentu saja, berendam di onsen.

Kusatsu Onsen - Prefektur Gunma

Kinugawa Onsen (Prefektur Tochigi)

Terletak di hulu Sungai Kinugawa di Kota Nikko, onsen yang ditemukan di zaman Edo ini dulunya merupakan tempat pemandian khusus untuk para biksu dan Daimyo (penguasa Jepang saat zaman Edo yang dikawal Samurai). Sejak dibuka untuk umum pada era Meiji, banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk berekreasi. Kandungan sumber air panasnya memiliki banyak khasiat mulai dari meringankan penyakit serius seperti neuralgia (penyakit saraf), frozen shoulder (penyakit bahu), sampai menghilangkan rasa lelah, menyehatkan badan, dan melembutkan kulit.  
 
Menikmati Footbath dan Berwisata di Kota Onsen

Footbath Selain memiliki banyak tempat onsen, Jepang juga memiliki banyak tempat footbath (berendam kaki), baik gratis maupun tidak. Berbeda dengan onsen, pengunjung bisa langsung merendamkan kaki tanpa harus berganti pakaian, sehingga lebih mudah dan praktis. Hanya dengan menghangatkan kaki saja, seluruh tubuh akan menjadi hangat juga lho.  

Foothbath
 
 
Berjalan-jalan di Kota Onsen Onsenmachi, atau Kota Onsen, adalah kota yang dipenuhi dengan barisan tempat penginapan dan fasilitas pemandian air panas. Setelah berendam air panas, berjalan-jalan santai di kota sambil mengenakan Yukata dan sendal Bakiak, dan mengunjungi toko oleholeh atau tempat makan lokal merupakan bagian terbaik dari onsen. Tertarik untuk melakukan wisata pemandian air panas? Mari berkunjung ke Kota Onsen!
 
Nah buat kamu yang tertarik untuk bepergian di Tohoku dengan JR East Pass. Perjalanan ke wilayah Tohoku dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau dengan menggunakan JR East Pass (area Tohoku). Dengan harga 19.350 Yen untuk dewasa dan 9.670 Yen untuk anak-anak, kamu dapat menggunaan kereta JR East secara tidak terbatas selama 5 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya