Gunakan Kesempatan Langka Masuk Ke Istana Singapore

Gunakan Kesempatan Langka Masuk Ke Istana Singapore
Sumber :

VIVA – Jarang-jarang sekali Istana Singapore mengadakan open house yang berarti Anda bisa masuk dan melihat-lihat isi Istana ini. Bila Anda berkesempatan berada di Singapore saat open house, jangan lupa untuk datang ya! Bila Anda belum memiliki kesempatan itu, yuk baca artikel ini dan lihat ada apa saja di dalam Istana!

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Istana adalah salah satu tempat bersejarah yang tertua di Singapore dan tempat wisata di istana Singapore untuk para turis. Istana ini dibuat dengan bangunan model Neo-Palladian. Ini pertama di desain dan di sempurnakan oleh Colonial Major John Frederik Adolphus McNair pada tahun 1869. Pada tahun ini, Istana hanya dibuka 6x saja yaitu pada tanggal: 6 Feb, 1 Mei, 5 Juni, 29 Juli, 27 Oktober dengan tambahan tanggal 6 Oktober untuk memperingati 150 tahun The Istana pada jam 8.30 a.m. – 6 p.m.

Penasaran ada apa saja di dalam Istana? Cek berikut ini:

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Bertemu Sang Presiden
Jarang-jarang kan melihat bapak presiden Singapore dari dekat. Nah saat open house inilah kesempatan Anda! Disetiap open house, presiden akan keluar dari tempat kantornya dan langsung menyapa para pengunjung.

Presiden Singapura: Halimah Yacob

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Credit: todayonline.com

Karena Istana begitu luas, Anda tidak akan tahu dari mana presiden akan menunjukan dirinya. Semoga Anda berada di tempat yang tepat saat presiden datang ya! Bila Anda beruntung, Anda bisa berfoto bersama presiden tapi Anda harus melewati banyaknya orang yang mengelilingi presiden.

Temukan Bangku-Bangku Dari National Stadium Lama
Ini bukan bangku yang seperti biasa atau yang Anda kira. Bangku-bangku ini sangatlah unik! Mengapa? Karena bentuknya unik dan mereka terbuat dari kayu Kallang National Stadium yang lama untuk memperingati ikon nasional yang sangat dikenang para warga Singapore.

credit: istana.gov.sg

Total ada 4 bangku di sekitar Istana. Ayo bersama dengan teman dan keluarga kalian mencari keempat bangku-bangku itu!

Mengelilingi Bangunan Utama Istana
Jika Anda penasaran dengan apa yang ada di dalam bangunan utama, Anda bisa mengambil tur yang disediakan. Tur ini diadakan antara jam 10 a.m. hingga 4 p.m. oleh para sukarelawan. 1 grup tur diisi 12 hingga 15 orang saja dan berlangusng kurang lebih setengah jam.

Di tur ini, Anda akan diperlihatkan State Room, Banquet Hall dan Reception Room. Tempat-tempat ini adalah ruangan yang pernah di datangi oleh para petinggi-petinggi negara dari seluruh dunia. Jadi, Anda setidaknya sudah pernah merasakan berada di ruangan yang pernah di datangi oleh orang-orang penting.

Untuk ikut tur ini tidak gratis ya. Untuk para turis, Anda harus membayar sebesar 4 SGD dan semua uang ini akan masuk ke amal. Karena banyaknya peminat untuk masuk kesini, Anda disarankan untuk mengantri lebih awal.

Menambah Wawasan di Istana Heritage Gallery
Istana Heritage Gallery berada di seberang Istana. Gallery ini dibuka dari Oktober 2016 lalu. Di dalam sini, Anda akan diperlihatkan perubahan Istana saat tempat itu rumah gubernur kolonial hingga sekarang menjadi kantor presiden Singapore. Ekshibisi ini sangat kaya akan sejarah yang berupa artefak, karya seni dan koleksi hadiah dari para pejabat tinggi untuk presiden dan perdana menteri Singapore.

Untuk masuk ke Gallery ini GRATIS, tetapi diharapkan sebelum datang, Anda bisa memesan terlebih dahulu.

credit: istana.gov.sg

Saat ini Istana Heritage Gallery sedang mengadakan lomba yang bernama “GO Museums” yang di dukung oleh National Heritage Board. Bila Anda ingin ikut berpartisipasi, bisa dan caranya gampang! Anda hanya cukup ambil selfie di IHG dan unggah di halaman Facebook I Love Museums. Kontes ini ditutup pada tanggal 30 Juni 2019. Yuk masih ada waktu!

Berbeda dengan Istana, IHG buka setiap hari pada jam 10 a.m. hingga 6 p.m. kecuali hari Rabu.

Untuk kesini, Anda bisa turun di stasiun MRT Dhoby Ghaut dan jalan sekitar 6 menit.

Mau cari tempat belanja murah lainnya? Coba jelajahi Singapura dengan buku petunjuk wisata yang sudah dilengkapi dengan stasiun-stasiun MRT dan moda transportasi umum lainnya. Unduh di sini dan dapatkan juga jalur-jalur lain yang bisa diakses bis kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya