Libur Akhir Tahun, Ini 7 Destinasi Menawan Indonesia Selain Bali

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.
Sumber :
  • Courtesy rinjaninationalpark.com

VIVA – Memanfaatkan momen pergantian tahun 2019 dengan berlibur, kini mulai banyak dilakukan orang Indonesia. Bukan cuma liburan ke luar negeri, kini, semakin banyak pulang wisatawan Indonesia memilih berlibur di negeri sendiri.

Keahlian Underwater Welding Langka, Kemnaker Jalin Kerja Sama Pelatihan Pengelasan Bawah Air

Menjelajah sejumlah destinasi wisata menarik di Indonesia, tentu mulai jadi pilihan. Enggak cuma ke Bali, Indonesia, punya banyak tempat eksotis yang bisa dikunjungi. Berikut ini 7 destinasi menarik selain Bali yang dilansir dari laman The Culture Trip.

Belitung

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Seperti banyak pulau lainnya di Indonesia, Belitung pun dikenal dengan baik di pantainya. Bukan seperti pantai lainnya, pantai di Utara Belitung terkenal dengan batu putih halus yang mengingatkan pada gletser menghiasi pantai dan laut.

Pulau Lengkuas Belitung

Masih Punya Sisa Cuti? Yuk Manfaatkan Buat Liburan ke Empat Destinasi Ini

Kamu dapat menyewa perahu dari nelayan setempat untuk snorkeling sepanjang hari, berenang, menjelajahi bebatuan, dan mengunjungi semua pulau kecil yang tidak berpenghuni lainnya di sekitar Belitung.

Raja Ampat

Terletak di lepas pantai Papua Barat, Raja Ampat menjadi salah satu daftar tujuan yang ingin dikunjungi ketika berada di Indonesia. Kepulauan khusus ini terkenal dengan ratusan pulau kecilnya yang tertutup hutan lebat dan dengan cepat menjadi tujuan utama penyelaman, dengan air biru cerah dan terumbu karang yang penuh dengan kehidupan laut.

Dermaga Piaynemo Island, Kabupaten Raja Ampat

Di darat, lukisan gua kuno bisa dieksplorasi, sementara beberapa orang yang beruntung mungkin bisa melihat burung Crimson Bird of Paradise.

Yogyakarta & Surakarta (Solo)

Kedua kota ini merupakan pusat kebudayaan Jawa yang sering dikunjungi. Sebab di sini mereka yang tertarik dengan sejarah Jawa, ibu kota kuno Kerajaan Hindu, Budha, dan Mataram kuno kuil, istana, bisa ditemukan di sini.

 Grebeg Maulud Keraton Yogyakarta

Tak jauh dari Yogyakarta, ada candi peninggalan Budha terbesar di dunia yakni Borobudur, tempat suci terbesar di Indonesia untuk Siwa di Prambanan. Ada pula Istana Keraton Sultan, warisan Indonesia dikumpulkan di satu kota. Kamu juga bisa mengamati dan berpartisipasi dalam kegiatan kerajinan tradisional Indonesia, seperti batik, boneka, atau mencoba mengunjungi perajin perhiasan perak yang cukup populer di sana.

Banyuwangi

Memiliki makna air wangi, Banyuwangi adalah kota paling timur Jawa. Di sini beberapa tempat yang bisa kami kunjungi meliputi area yang mencakup pantai terpencil seperti G-Land (tempat penduduk setempat akan mengklaim memiliki ombak terbaik di dunia). Selain itu, kabupaten yang luas dan beragam ini juga berisi Kawah Ijen yang terkenal dengan blue firenya.

Gunung Rinjani

Sebagai puncak tertinggi kedua di Indonesia, Rinjani adalah gunung berapi aktif yang berada di Lombok, yang tidak jauh dari Bali. Pada ketinggian 3.726 di gunung ini menawarkan pemandangan terbaik Indonesia.

Gunung Rinjani.

Sebagian besar pendaki melakukan trekking sejak larut malam untuk menghindari panas yang menyengat dan yang paling penting adalah untuk menikmati matahari terbit dari atas pulau, dengan latar luasnya tanaman hijau Lombok yang subur.

Pulau Morotai

Indonesia memiliki rencana besar untuk mengembangkan Pulau Morotai sebagai destinasi wisata menyelam bertaraf internasional.

Potensi Wisata Morotai Maluku

Terletak di Maluku Utara, Morotai sama menariknya dengan sejarah secara geografis. Sebagai medan perang utama Perang Dunia II, kapal-kapal yang tenggelam dan pesawat terbang menjadi spot populer untuk berenang. Tidak hanya itu, Morotai pun memiliki perairan jernih dengan pasir putih, terumbu karang, dan ikan yang beragam.

Tanjung Puting

Dikenal sebagai rumah orangutan, Tanjung Puting adalah taman nasional di hutan hujan di Kalimantan. Untuk menjelajahi hutan hujan dan mengunjungi kawasan konservasi Orangutan dan tempat perlindungan, Anda harus menggunakan sebuah perahu sebagai tempat tinggal selama beberapa hari saat Anda berkeliling.

Taman Nasional Tanjung Puting.

Pada pagi hari kamu bisa memberi makan buah untuk monyet Proboscis yang berkumpul setiap hari di tepi sungai. Dan pada malam hari, kamu akan tidur di geladak terbuka yang dilengkapi dengan kelambu di hutan hujan terbuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya