6 Destinasi Alam Eksotis untuk Libur Akhir Tahun

Hasil foto Gunung Bromo dengan jepretan Oppo Reno2
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Berada di lokasi yang strategis membuat Indonesia memiliki alam yang begitu indah dan kebudayaan beragam. Lalu, wisata alam apa saja yang bisa dijadikan daftar liburan akhir tahun? Berikut ini panduan bagi kamu untuk menikmati keajaiban alam Indonesia untuk berlibur akhir tahun.

Heboh Banjir di Lautan Pasir Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Ini tidak lain karena alamnya yang menakjubkan. Gunung berapi aktif yang berada di tengah dataran yang disebut Laut Pasir (Segara Wedi), serta pancaran asap sulfur di puncak gunung menjadi salah satu pemandangan paling populer untuk diabadikan.

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

Danau Kelimutu

Kawah danau Kelimutu.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Danau vulkanik ini menjadi salah satu danau yang paling populer karena warna airnya yang berubah-ubah akibat aktivitas vulkanik.

Mulai dari berbagai nuansa hijau sampai hitam, atau menjadi merah, cokelat, dan sebagainya. Selama satu abad terakhir, salah satu dari tiga danau itu berubah warna sebanyak 44 kali. Setiap kali aktivitas serupa, penduduk setempat akan membawa persembahan untuk roh leluhur mereka, yang membuat keajaiban alam menjadi tempat yang penting secara kultural.

Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin (foto: pergiyuk.com)

Kata cermin di sini dapat menggambarkan pesona alam danau ini. Saking jernihnya kamu bahkan bisa melihat ke dasar danau tanpa harus snorkeling atau dengan peralatan apapun. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk mengambang di atas laguna (kamu bahkan dapat melihat bayangan perahu di dasar danau!) Atau menyewa ban untuk mengapung dan berenang bebas di sekitar danau.

Yang unik dari danau ini adalah adanya perbedaan air di mana air di bagian bawah merupakan air asin sedangkan air di bagian atas merupakan air tawar. Berenang di bawah permukaan, kamu bisa melihat habitat berubah dari ikan air tawar menjadi organisme air asin eksotis.

Air terjun Coban Sewu

Berarti 'seribu air terjun' dalam dialek lokal, air terjun ini memang memiliki aliran air yang tak terhitung jumlahnya yang jatuh dengan anggun dari tebing yang rimbun.

Air yang jernih dan deras mengalir melalui bebatuan dan tanaman hijau, menghias bukit cekung dengan latar belakang buih yang indah. Wisatawan dapat mengamati keajaiban alam dari atas perbukitan yang berdekatan atau turun di bawahnya untuk berenang di air pegunungan yang sejuk.

Piramid Cartensz

Pegunungan Cartenz dapat memukau siapa saja karena pesona pegunungannya yang indah, dan sebagian karena ketidaksamaan dan keunikan yang ditimbulkannya sebagai gunung bersalju di negara tropis yang belum pernah melihat salju di tempat lain.

Sebagai puncak tertinggi di Indonesia yang berada di Gunung Jayawijaya di Papua, dan masuk tujuh puncak gunung tertinggi di dunia, dan menarik pejalan kaki dari seluruh dunia.

Beberapa ratus meter di bawah puncaknya adalah Danau Idenberg, danau misterius yang menguras dan mengisi dirinya sendiri, dengan sesekali penampilan angsa hitam yang menakjubkan.

Pantai Kelingking

Pantai Kelingking di Nusa Penida.

Ditemukan sejak tahun 2003, pantai yang ada di Nusa Penida, sebuah pulau kecil di lepas pantai Bali, ini memiliki pesona alam yang murni. Ditandai dengan semenanjung ikonik yang tampak memeluk daerah pantai di bawahnya, tempat ini begitu indah jika dilihat dari atas tebing.

Kamu bisa menemukan pemandangan pasir putih, dan area perairan yang bening. Di sini, wisatawan bisa melihat pari manta berenang saat air dangkal. Tidak hanya itu, kamu bisa menjelajahi gua-gua di sekitar pantai yang berfungsi sebagai rumah bagi burung layang-layang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya