Toko di Singapura Banyak yang Unik, Ini Penjelasannya

Toko di Singapura Banyak yang Unik
Sumber :

VIVA – Tak heran lagi shophouses bisa jadi salah satu tempat wisata di Singapura bagi turis. Shophouse di Singapura sangat cantik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Ternyata di Singapura, shophouse di bagi menjadi beberapa tipe. Ingin tahu? Baca sampai habis ya!

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

#SGB_Team yakin ketika Anda berkunjung ke Singapura, Anda tidak mungkin melewatkan untuk berkunjung ke toko di Singapura. Ya, toko apapun itu, mulai dari kedai makanan, pernak-pernik, sampai oleh-oleh, semua toko di Singapura atau bisa disebut shophouse ini memiliki desain atau model yang unik.

Tentu kami ingin membuat rasa penasaran Anda terjawab. Makanya kami ingin #SGB_Family mengetahui jenis-jenisnya di bawah ini. Siapa tahu jadi lebih penasaran mana tempat yang cocok untuk difoto.

Syahrini dan Reino Barack Manjakan Diri di Hotel Mewah Rp27 Juta per Malam di Singapura

Shophouse Mula-Mula
Awal berdirinya shophouse bisa kalian temui di model shophouse di Jalan Erskine daerah Chinatown. Modelnya sangat simple. Shophouse pertama ada di tahun 1840 dengan sangat sederhana sekali. Hanya 2 tingkat yang jarak tingkat kedua 5 kaki dari tingkat pertama, jendela dengan bahan kayu dan atap dengan bahan tanah liat. Bahan-bahan yang dipakai tidak macam-macam dan dibangun oleh penduduk lokal.

Contoh shophouse mula-mula masih terlihat seperti di bawah ini. Shophouse ini sangat sederhana dengan hanya 2 tingkat. Tetapi shophouse model seperti di bawah ini sudah sedikit di renovasi dari segi warnanya. Warnanya terlihat sangat klasik dan sangat harmonis dengan sentuhan warna putih dan hitam.

Selain Luncurkan Single Baru, Penyanyi Cilik Evolette Alexandra Bakal Tampil di New York

Erskine Road (Credit: flickr.com)

Model Tradisional
Awal 1900, shophouse mulai agak tinggi, lebih berwarna dan memiliki hiasan kecil-kecil. Ornamen-ornamennya terbuat dari porselen atau keramik dan biasanya ada gambar binatang ataupun bunga-bunga. Jalan ke Neil Road dan temukan model tradisional shophouse ini di Baba House dengan warna biru yang nyentrik ini. Atau kalian juga bisa ke Jalan Stanley untuk menemukan model ini.

Shophouse-shophouse seperti di bawah ini sering dijadikan spot instagramable bagi para turis yang mengunjungi Singapura. Kalian juga bisa berfoto cantik di depan shophouse model tradisional ini. Spot foto instagramable dengan latar belakang shophouse yang sering kalian lihat di Instagram adalah shophouse di daerah Joo Chiat dan Katong. Sangat indah-indah shophousenya! Wajib banget berfoto di spot ini saat ke Singapura!

Baba House (Credit: flickr.com)

Model Shophouse Lama
Di model shophouse ini, kalian akan menemui berbagai ornamen banyak motif bunga-bunga pada keramik-keramik ataupun gambar binatang di dindingnya. Dengan sentuhan Malay, kalian bisa temui model ini di Jalan Petain. Untuk sentuhan Cina, kalian bisa temui di Lorong Bachok.

Mungkin model shophouse seperti ini jarang bisa di temui saat kalian berada di Singapura. Tapi bila kalian menemukan shophouse model seperti ini, jangan lupa untuk mengabadikannya di dalam foto ya! Kalian juga bisa berbagi foto dengan kita dengan men-tag akun Instagram kami @singaporeguidebook. Siapa tahu, foto kalian di repost di Instagram story kami loh!

Lorong Bachok – Instagram: @y_lyn

Model Art-Deco
Model shophouse ini adalah model yang modern. Ciri khas shophouse model ini adalah bangunan tanpa ornament yang meriah ataupun gambar-gambar. Kebanyakan model ini minimalis dengan bentuk yang geometris, garis-garis yang tegas dan ujung yang tidak lancip.

Temui shophouse modern ini di daerah Tiong Bahru atau bangunan Potato Head. Shophouse ini paling sering di temui di daerah Tiong Bahru, jadi sambil berjalan-jalan di kawasan yang hip ini, kalian bisa juga berfoto-foto di depan shophouse modern ini.

Tiong Bahru Shophouse – Instagram: @identityono

Potato Head – Instagram: @iam.fancy

Mau cari tempat belanja murah lainnya? Coba jelajahi Singapura dengan buku petunjuk wisata yang sudah dilengkapi dengan stasiun-stasiun MRT dan moda transportasi umum lainnya. Unduh di sini dan dapatkan juga jalur-jalur lain yang bisa diakses bis kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya