Keberangkatan Bandara Changi Lebih Cepat dengan Sistem “Self Service"
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 10 Februari 2020 | 18:00 WIB

Keberangkatan Bandara Changi Lebih Cepat dengan Sistem “Self Service"

Keberangkatan Bandara Changi Lebih Cepat dengan Sistem “Self Service"
Keberangkatan di Bandara Changi Lebih Cepat dengan Sistem “Self Service”
Photo :

Keberangkatan di Bandara Changi Lebih Cepat dengan Sistem “Self Service”

VIVA – Mulai dari check-in hingga bag-tagging, bisa Anda lakukan sendiri dengan sistem Self Service di Bandara Changi. Sekarang sudah tersedia 180 kios self-service dan 130 mesin bag-drop pada keempat terminalnya. Sejauh ini, 16 maskapai – dengan empat maskapai lain yang akan ditambahkan di beberapa bulan kedepan, telah mengadopsi sistem ini.

Sistem ini bisa melayani check-in, bag-tagging, dan keberangkatan dengan cepat dan singkat yang bisa dilakukan sendiri. Meskipun otomatis, tetap ada staff yang dikerahkan di Scoot’s Counters untuk menangani dan membantu masalah tertentu.

Changi Airport mengkonfirmasi, 7 dari 10 penumpang yang berangkat dari Bandara Changi memilih menggunakan sistem Self Service mulai Kamis, 8 Agustus 2018.

Untuk sekarang, self-service ini tidak tersedia untuk penumpang tertentu, seperti pemesanan rombongan atau penumpang yang bepergian dengan bayi karena akan memerlukan bantuan khusus.

Respon yang diberikan penumpang yang telah memakai fasilitas self-service ini kebanyakan positif. Penumpang merasa senang karena bisa mempersingkat antrian dan mesinnya mudah digunakan.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan sistem Self Service di Bandara Changi.

  1. Anda bisa memakai mesin Self-Service, lalu memilih bahasa dan maskapai.
  2. Selanjutnya, Anda diarahkan untuk scan paspor di mesin tersebut, lalu Anda bisa memilih destinasi tujuan Anda. Setelahnya, Anda bisa mengonfirmasi detail penerbangan.
  3. Lalu masukan jumlah koper yang Anda bawa, dan konfirmasi.
  4. Secara otomatis, mesin akan mencetak boarding pass dan bag tag. Bag tag bisa Anda kupas sesuai instruksi tulisannya, dan lilitkan di koper Anda. Jangan lupa simpan bagian yang dikupas sebagai tanda bukti.
  5. Pergi ke staff maskapai untuk pemeriksaan dokumen.
  6. Setelah itu, Anda bisa pergi ke mesin bag-drop, dan tempatkan koper Anda disana. Scan boarding pass, lalu cek konfirmasi akhir.

Selesai! Koper Anda sudah siap ikut ke penerbangan Anda. Selamat menikmati penerbangan dari Bandara Changi.

Mau cari tempat belanja murah lainnya? Coba jelajahi Singapura dengan buku petunjuk wisata yang sudah dilengkapi dengan stasiun-stasiun MRT dan moda transportasi umum lainnya. Unduh di sini dan dapatkan juga jalur-jalur lain yang bisa diakses bis kota.

loading...
Muat Lainnya...