Pulang dari Bali Turis China Idap Corona, Garuda Bersih-bersih Total
Kamis, 13 Februari 2020 | 14:20 WIB

Pulang dari Bali Turis China Idap Corona, Garuda Bersih-bersih Total

Kabar turis China idap Corona setelah liburan di Bali bikin heboh
Ilustrasi kabin pesawat.
Photo :
  • Pixabay

Ilustrasi kabin pesawat.

VIVA – Seorang wisatawan asal Tiongkok dilaporkan positif mengidap virus corona, setelah pulang berlibur dari Bali beberapa waktu lalu. Wisatawan pria itu dinyatakan positif terkena virus corona pada 5 Februari 2020, setelah dia kembali ke China pada 28 Januari 2020 lalu.

Kabar ini mencuat setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Huainan melalui situs media sosial China, Weibo, melaporkan, Jin terbang dengan pesawat Lion Air dari Wuhan pada 22 Januari 2020. Ia berada di Bali selama seminggu dan kembali dengan Garuda Indonesia dari Bali ke Shanghai pada 28 Januari 2020.

Terkait dengan hal tersebut, VIVA mencoba melakukan konfirmasi kepada pihak maskapai Garuda Indonesia, selaku maskapai yang digunakan wisatawan Tiongkok tersebut kembali ke Tiongkok dari Bali.

Melalui pesan singkatnya, pihak Garuda Indonesia dalam hal ini Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Tumpal M Hutapea menjelaskan sebagai upaya antisipatif penyebaran virus corona pihaknya melakukan disinseksi (penyemprotan cairan khusus) armada untuk memastikan aspek kebersihan kabin pesawat dan sterilisasi terhadap kuman. Disinseksi armada dilakukan khususnya pada armada yang sebelumnya melayani penerbangan dari dan menuju Tiongkok.

Direktur Operasi Garuda Indonesi,  Capt Tumpal M Hutapea mengatakan, upaya tersebut dilakukan sejalan dengan peningkatan epidemi virus corona di sejumlah negara.