5 Cara Sukses Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Ilustrasi kereta api.
Sumber :
  • dok. PT KAI

VIVA – Momen Lebaran di Indonesia selalu menjadi saat yang tepat untuk kumpul keluarga. Tak heran jika tiap kali Lebaran, tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman selalu dilakukan. Ketika momen ini tiba, masyarakat Indonesia pun mulai berburu tiket mudik untuk Lebaran sejak jauh-jauh hari. Biasanya, tiket kereta api selalu diburu sebelum momen Lebaran tiba.
 
Nah buat kamu pemburu tiket kereta api mudik Lebaran, sekarang saatnya "berperang" melakukan pemesanan tiket. Banyaknya aplikasi travel menawarkan jasa mudah memesan tiket kereta api. Biar enggak kehabisan tiket kereta api Lebaran 2020, kamu sudah bisa lho memesan tiket kereta api online mulai 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB! Sebelum terlambat, cek detail jadwal pemesanannya.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Bagi kamu yang berencana memesan tiket kereta mudik secara online, beberapa jurus berikut ini mungkin bisa diikuti agar sukses mendapatkan tiket buat mudik ke kampung halaman. Lewat rilis yang diterima VIVA dari Pegipegi, berikut jurus jitu yang bisa kamu coba saat memesan tiket untuk mudik Lebaran.

Simpan Tabel Jadwal Pemesanan

Ini Sejumlah Potensi Kerawanan Saat Masa Mudik Lebaran yang Dipantau Polri

Agar lebih mudah atau tidak kebingungan pada saat memesan tiket, kamu bisa menyimpan Tabel Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api di atas, lalu mencetak dan meletakkannya di lokasi yang aman, misalnya; tempel di laptop. Atau, pasang alarm di smartphone kesayangan pada tanggal yang diinginkan. Namun sebelum itu, pastikan kamu sudah menyesuaikan jadwal dengan rencana perjalanan kamu. Jika perlu, bagikan juga jadwal tersebut sebagai informasi kekeluarga atau kerabat yang juga ingin melakukan perjalanan mudik.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah mengecek kestabilan koneksi internet. Ini akan memudahkan kamu melakukan transaksi tanpa gangguan. Pastikan kamu memiliki sinyal internet, kuota, atau manfaatkan Wi-Fi untuk koneksi yang lebih terjamin. Jangan lupa untuk langsung bersiap-siap sebelum pukul 00.00 WIB setiap harinya biar tidak kehabisan.

Lakukan Pemesanan Melalui Channel Resmi

Selain melakukan pemesanan tiket mudik melalui KAI, kamu juga bisa memilih channel resmi lainnya seperti agen travel online terpercaya, salah satunya Pegipegi. Dengan memiliki alternatif tempat pemesanan tiket, kamu juga akan dimudahkan apabila situs resmi KAI mengalami gangguan. Manfaatkan juga promo menarik yang banyak ditawarkan oleh agen travel online tersebut untuk membantu meminimalisir pengeluaran kamu.  

Selain itu, jika kamu membeli tiket kereta di Pegipegi, kamu bisa memanfaatkan fitur ‘Daftar Penumpang’ yang terdapat di aplikasi tersebut untuk mempercepat proses pengisian identitas yang berlangsung pada saat pemesanan. Dengan fitur ini, kamu  bisa mengisi identitas penumpang terlebih dahulu sehingga kapan pun melakukan pemesanan tiket, kamu hanya perlu memilih nama-nama dari ‘Data Penumpang’ yang sudah tersimpan. Ini tentu akan memudahkan, terutama bagi kamu yang ingin memesan untuk beberapa orang sekaligus.

Siapkan Tanggal Keberangkatan Alternatif

Perlu diingat bahwa ada ribuan hingga jutaan orang lainnya yang melakukan pemesanan tiket dalam waktu bersamaan dengan kamu. Karena itu, siapkan tanggal keberangkatan alternatif jika tiket untuk tanggal yang kamu pilih sebelumnya sudah habis. Selain tanggal, kamu juga bisa menyiapkan rute alternatif meski harus melakukan transit jika benar-benar kehabisan tanggal keberangkatan.

Pilih Metode Pembayaran yang Cepat

Setelah berhasil memilih tanggal dan rute, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pembayaran. Untuk memudahkan, pilihlah metode pembayaran cepat. Misalnya pembayaran dengan virtual account melalui mobile banking atau kartu kredit. Jangan lupa siapkan nomor pembayaran dan kartu kredit sebelum melakukan pemesanan untuk mempercepat transaksi.

Terakhir, selamat berburu tiket kereta api mudik Lebaran 2020, ya! Jika belum berhasil, jangan sedih. Mengingat akses jalan yang belakangan ini semakin baik dan lancar, kamu  masih bisa memanfaatkan alat transportasi lainnya seperti bus dan travel dengan harga yang juga relatif terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya