Mau Liburan Tapi Takut Virus COVID-19, Bisa Ganti Tanggal Kok

Siapkan Deretan Aplikasi untuk Traveling ke Singapore
Sumber :

VIVA – Perjalanan wisata keluar maupun yang masuk ke dalam negeri, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Menurut data Badan Pusat Statistik atau BPS pada Juni 2019 misalnya, jumlah pelancong dalam negeri tumbuh 12 persen dibandingkan dengan tahun 2018.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Tak heran jika kini berlibur di dalam negeri, maupun berpergian ke luar negeri telah menjadi tren leisure economy bagi wisatawan Indonesia, dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tahun  ini tren wisata lokal maupun yang menuju luar negeri, di prediksi semakin meningkat.

Namun, mewabahya virus Corona atau COVID-19 di puluhan negara sejak awal Januari 2020, membuat masyarakat terpaksa membatalkan sejumlah rencana perjalanannya. Pembatalan terjadi, terutama ke negara-negara yang ditemukan kasus corona.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Mewabahnya virus itu membuat sektor parwisata terguncang. Hal ini diakui oleh, Sekertaris Jenderal ASTINDO, Pauline Suharno. Ditemui VIVA di sela pameran ASTINDO, dia menyebut, ada penurunan hingga 80 persen sejak akhir Januari lalu terutama di rute Asia Tenggara, Asia Selatan, hingga Asia Timur.

"Penurunan sebelum pameran untuk rute tersebut kurang lebih 80 persen," ujarnya, di Jakarta, Sabtu 22 Februari 2020.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Hal senada diungkap juga oleh Head of Travel & Affinity -Travel Department Sompo Insurance Indonesia, Maria Susana. Dia mengatakan, bahwa dampak dari COVID-19, membuat sejumlah masyarakat takut untuk berlibur terutama ke destinasi yang ditemukan adanya kasus virus tersebut.

Menanggapi wabah Virus Corona yang berkembang, SII berkolaborasi dengan Astindo dan BCA memberikan manfaat asuransi untuk perubahan tanggal (satu kali saja) yang disebabkan oleh himbauan/travel advisories dari pemerintah.

"Kami tahu masyarakat worry, tapi kita kerja sama dengan bank partner pameran ini untuk ciptakan produk, ganti tanggal. Jadi ini akan membantu masyarakat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya