Wabah Virus Corona Bikin Transaksi Penjualan Tiket Pesawat Menurun
Jumat, 6 Maret 2020 | 13:46 WIB

Wabah Virus Corona Bikin Transaksi Penjualan Tiket Pesawat Menurun

Wabah virus corona membuat banyak orang khawatir
Ilustrasi ke luar negeri/visa/traveling.
Photo :
  • Freepik/freepik

Ilustrasi ke luar negeri/visa/traveling.

VIVA – Hingga Jumat pagi ini, ada 70 negara di luar China yang telah melaporkan kasus virus corona termasuk di Indonesia. Hingga pagi ini setidaknya tercatat ada 97.381 kasus virus corona di dunia, dan tercatat ada 3.348 orang tewas akibat virus corona ini.

Meningkatnya kasus virus corona, ternyata berdampak pada penurunan minat masyarakat khususnya di Indonesia untuk berlibur. Sejumlah agen travel bahkan mengeluhkan, adanya isu wabah corona, membuat bisnis mereka menurun.

Meski sebelumnya, pemerintah memberikan insentif transportasi penerbangan mulai 1 Maret 2020 sebagai upaya untuk menggairahkan sektor pariwisata yang terpukul akibat virus Corona, dengan memberikan diskon tiket pesawat hingga 50 persen ke 10 destinasi prioritas, hal ini justru tidak membuat masyarakat tergiur. Apalagi, semenjak diumumkan, dua WNI positif terpapar virus corona.

Head of Marketing Communication, Golden Rama, Ricky Hilton mengungkapkan setidaknya ada penurunan penjualan tiket beberapa pekan terakhir bahkan sebelum diumumkannya 2 WNI positif terpapar virus corona.

"Penurunan di angka nilai transaksi tiket sebesar 15-25 persen sementara apabila dibandingkan dengan jumlah pax mencapai 30 persen," kata dia saat dihubungi VIVA, 2 Maret 2020.

Dia menjelaskan beberapa destinasi terutama di Asia terlihat mengalami penurunan pasca adanya virus corona ini. Sebut saja China yang menjadi salah satu destinasi yang cukup banyak diincar masyarakat sebelum adanya virus untuk dikunjungi.