AirAsia Siap Operasikan Kembali Rute Domestik, Catat di Indonesia

Maskapai AirAsia.
Sumber :
  • Pixabay/Arivaran

VIVA –  AirAsia Group menyatakan kesiapannya untuk memulai kembali penerbangan reguler rute domestik di beberapa negara yaitu Malaysia, Thailand, Filipina dan Indonesia, namun tetap bergantung pada persetujuan otoritas. 

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Rencana rute domestik mulai 29 April untuk Malaysia, 1 Mei untuk Thailand dan Filipina, 4 Mei di India dan Indonesia pada 7 Mei 2020. 

“Pada tahap awal pengoperasian kembali ini, penerbangan akan tersedia secara terbatas pada rute domestik tertentu dan akan secara bertahap beroperasi di rute lainnya termasuk rute internasional jika nantinya situasi telah membaik dan pembatasan perjalanan dan wilayah telah dicabut,” kata President (Airlines) AirAsia Group, Bo Lingam, dalam keterangannya, Selasa 21 April 2020.

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

Ia menjelaskan, penerbangan telah tersedia dan dapat dipesan melalui airasia.com dan aplikasi AirAsia, serta dapat dibeli menggunakan saldo akun kredit. Informasi lebih lanjut mengenai rute dan jadwal penerbangan akan diumumkan selanjutnya, dan tergantung persetujuan otoritas terkait.

"Kami merasa senang dapat terbang kembali melayani pelanggan kami, dan berharap dapat beroperasi penuh sesegera mungkin. Kami telah melakukan penyesuaian prosedur penanganan penumpang di darat dan di udara dengan kewaspadaan terhadap COVID-19. Kami juga bekerja sama dengan pihak otoritas bandara untuk bersama-sama memastikan langkah pencegahan telah dilaksanakan guna menjamin perjalanan yang aman dan nyaman bagi semuanya,” tutur dia.

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

Bo Lingam menambahkan, di AirAsia, keselamatan dan kesehatan penumpang dan karyawan adalah yang utama.

“Kami secara aktif bekerja sama dengan regulator, pemerintah setempat, otoritas penerbangan sipil dan kesehatan, serta menaati panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk memastikan kami telah memenuhi standar kepatuhan dan kesesuaian pada setiap penerbangan yang kami lakukan di semua rute kami," kata dia. 

Para penumpang disarankan untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan umum seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga higienitas diri selama penerbangan. Semua pesawat telah dilengkapi dengan penyaring udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) berstandar rumah sakit, dan akan melalui proses desinfeksi menyeluruh setiap kali selesai penerbangan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap silakan merujuk pada halaman ini. Calon penumpang juga dapat menghubungi AirAsia Virtual Allstar atau berbicara langsung dengan agen bantuan pelanggan di airasia.com atau support.airasia.com untuk bantuan lebih lanjut.

Selain itu dalon penumpang disarankan untuk terus memantau perkembangan informasi imbauan yang dipublikasikan oleh AirAsia di airasia.com dan akun sosial media AirAsia. Penumpang juga disarankan untuk memeriksa status penerbangannya di airasia.com/flightstatus untuk perkembangan terkini terutama di situasi seperti sekarang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya