Siap-siap Liburan Lagi, Ini Rekomendasi Wisata Cantik di Ubud Bali

Patung monyet di taman wisata Ubud Monkey Forest
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Majalah Wisata, Travel + Leisure beberapa waktu lalu memilih Cappella Ubud Bali sebagai hotel terbaik di dunia. Setiap tahunnya Travel and Leisure melakukan survei kepada pembacanya. Travel+Leisure meminta pembacanya untuk memberikan peringkat, salah satunya adalah menilai kota-kota terbaik di dunia yang pernah mereka kunjungi.

Pameran Pernikahan Bernuansa Ubud Bali, Pesona Romansa dan Budaya

Penilaian ini didasarkan pada beberapa kriteria mulai dari pemandangan, budaya, masakan, keramahan, wisata belanja, dan nilai secara keseluruhan. Dari data itu terdapat 25 kota terbaik di dunia, dan Ubud di Bali berada di posisi kesembilan sebagai kota terbaik dengan total skor 88,16.

Dikelilingi hutan hujan dan bentangan sawah, destinasi favorit turis lintas negara ini juga punya banyak restoran autentik. Namun sayangnya peringkat ini diketahui turun tiga peringkat dibanding tahun 2019 lalu yang mana Ubud Bali berada di posisi keenam dengan skor 89,08. 

5 Destinasi Wisata Seru di Bali, Cocok untuk Liburan Keluarga

Berbicara Ubud, Bali terdapat sejumlah destinasi cantik dan indah yang populer di kalangan wisatawan. Berikut ini enam rekomendasi destinasi wisata di Ubud Bali yang cantik.

Baca Juga: Untung Banyak dari 4 Kuliner Viral di Tengah Wabah COVID-19 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Monkey Forest, Ubud

Dengan hutan tropis yang rimbun, di sini akan ada ratusan monyet berkeliaran dengan bebas, di sini juga terdapat kuil suci.  Monkey Forest adalah atraksi alam, budaya, dan spiritual yang serba bisa.  

Wisatawan akan disuguhkan suasana yang tenang di tengah-tengah pohon menjulang setinggi 12,5 hektar.  Ada getaran mistis di hutan ini saat kamu berkeliling mengamati kuil, aula, dan patung. Kamu bahkan dapat menonton dan berinteraksi dengan kera ekor panjang.  Yang harus kamu lakukan adalah berjalan-jalan dan tersesat di dalam dunia Bali kuno yang indah ini.

Baca Juga: Viral Bakso Lobster di Pontianak, Pembelinya Antre

Goa Gajah

Goa Gajah diperkirakan berasal pada abad ke-11 karena gaya arsitekturnya.  Kompleks ini memiliki kolam pemandian dan air mancur yang dikelilingi oleh patung-patung dan dinding berukir yang layak untuk diamati.

Pura Taman Saraswati

Istana air yang megah ini memiliki kolam teratai di depan gerbang tradisional Bali yang megah, yang menjadikannya salah satu pemandangan paling ikonik dari Ubud.  Pura Taman Saraswati Ubud ini dibangun untuk pemujaan Dewi Ilmu Pengetahuan, Kebijaksanaan, Pengetahuan dan Seni, Dewi Saraswati. Di bagian luar pura, terdapat sebuah pelataran yang dikelilingi oleh kolam teratai sebagai panggung pementasan tarian kecak.

Candi Tirta Empul

Tirta Empul berarti 'mata air suci', yang merupakan jantung dari candi yang indah ini.  Ada sebuah legenda tentang tirta empul ini. Legenda itu menyebut dulu ada pertikaian antara seorang raja bernama Mayadenawa dan Dewa Indra, dewa Hindu untuk langit, badai, hujan, dan aliran sungai.  Saat melarikan diri dari dewa, Raja Mayadenawa membuat mata air beracun yang menjatuhkan pasukan Dewa Indra.  

Tetapi sang dewa segera menciptakan mata air lain yang dapat menyembuhkan anak buahnya.  Mata air ajaib itu terus menjadi sumber penyembuhan dan pemurnian, yang didistribusikan melalui cerat berukir batu yang menuangkan air suci ke kolam pemurnian di dalam kuil.

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan dekat Ubud adalah salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi di Bali.  Air terjun ini dikelilingi oleh tanaman rimbun khas Ubud dan suasana dataran tinggi tropis. 

Lokasi ini aman untuk mendaki dan menjelajah hingga ke puncak air terjun.  Bahkan pada hari-hari tertentu ketika airnya cukup tinggi, aman untuk melakukan lompatan tebing 10 meter dan terjun ke air dingin di bawahnya.

Baca Juga: Untung Banyak dari 4 Kuliner Viral di Tengah Wabah COVID-19 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya