Indahnya Lanjak, Wisata Perbatasan di Kalimantan

Kawasan hutan wisata Mata Kucing.
Sumber :
  • sierrasavanna.blogspot.com

VIVAlife - Bagi Anda yang merindukkan suasana alam yang tenang dan sejuk mungkin tempat wisata ini bisa menjadi pilihan terbaik. Lanjak merupakan hutan tropis yang berbukit berada di Kecamatan Batang Lupar, Kalimantan Barat.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah
Letaknya yang strategis yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia membuat lokasi ini banyak dikunjungi. Lanjak diarahkan menjadi wisata, karena memiliki potensi yang luar biasa.

Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka
Selain itu, pengunjung dapat melihat Danau luar yang merupakan perbatasan dari sungai Kapuas, yang menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat dan sekitarnya. 

Ketua Umum Projo Isyaratkan Mesti Ada Parpol di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran
Menurut Indonesia Travel, wisata ini termasuk salah satu wilayah di Kapuas Hulu yang menjadi gerbang pesona keindahan Taman Nasional Danau Sentarum. Pengunjung juga dapat melihat keindahan Sentarum yang lokasinya tidak jauh. Sungguh penyajian tempat wisata yang lengkap dengan segala keindahannya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan para pengunjung selain menikmati keindahan alam, yaitu di Sungai Sidik. Tempat ini, memiliki tampungan air terjun yang jernih berada saat akan memasuki Lanjak. Terdengar gemercik air yang menggoda, serta pemandangan yang ekosotis mengundang pengunjung untuk terhanyut bersama alam.

Memasuki tempat ini, pengunjung akan menyaksikan pesona keindahan alam liar hutan tropis berbukit. Banyak bukit terdapat di lanjak, yaitu Bukit Lanjak dan Bukit Genting. Salah satu dari bukit tertinggi di lanjak terkenal dengan sebagai tempat wisata untuk melihat pemandangan Danau Sentarum dari atas bukit.

Kelebihan wisata ini juga dilengkapi dengan keberadaan masyarakat yang tetap menjaga budaya dan adat istiadatnya. Suku dayak yang merupakan suku asli Kalimantan mendiami sekitar Lanjak. Hal ini, bisa menjadi wisata yang tidak biasa, sebab pengunjung bisa menyaksikan segala upacara dan ritual adat setempat.


Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya