Jelajahi 5 Kekayaan Wisata Alam Murah Meriah di Bogor

Jelajahi Kawasan Puncak Dari Atas Sepeda
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Sebagian warga Jakarta mungkin merasa bosan dengan suasana gedung bertingkat dan padatnya kendaraan di lalu lintas. Polusi udara pun dirasakan hampir setiap saat. Tempat wisata menjadi alternatif untuk menyegarkan pikiran. Mungkin Anda bisa melepas kepenatan di tempat wisata di Bogor. Bogor tentu tidak asing lagi, kota yang jaraknya hanya 1 sampai 2 jam ini memiliki banyak tempat wisata alam selain puncak, taman safari, dan lain-lain.

Apa saja tempat wisata alam di Bogor yang dapat dikunjungi?

Uji Coba Satu Arah di Bogor, Car Free Day Ditiadakan


Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Lokasi Air Panas Gunung Pancar ini berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, melewati kawasan Sentul City. Selain itu anda juga dapat menikmati pemandangan indah gunung pancar. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah kolam rendam, baik itu kolam rendam umum maupun kolam rendam pribadi.

Ruang rendam tertutup ada di bangunan sebelah kanan, sedangkan kolam rendam pria ada di sebelahnya. Kolam rendam terbuka untuk anak dan wanita ada di sebelah kolam rendam pria, dipisahkan tembok.

Untuk berendam di ruang tertutup, pengunjung membayar lagi Rp 15.000 untuk 30 menit. Jika berdua membayar Rp30.000. Kondisi air cukup bersih, namun sudah pula memerlukan perbaikan dan perawatan pada dinding-dindingnya.

Air Panas Gunung Pancar ini tidak mengandung belerang, namun kaya mineral. Cocok bagi pengunjung yang ingin menghilangkan pegal badan. Air Panas Gunung Pancar telah dibuka sekitar tahun 1987, dibangun di atas tanah yang dibeli oleh Suratman, sehingga merupakan milik perseorangan. Meskipun di lokasi ini Air Panas Gunung Pancar tidak lagi mengandung belerang, namun di depan kolam rendam tertutup disediakan bubuk belerang yang bisa dibeli untuk dimasukkan ke dalam bak, bagi yang berminat.


Rafting Sungai Kali Baru Bogor


Bagi yang hobi olahraga air yang ekstrim, rafting adalah salah satunya. Jika ke Bogor, Anda masih bisa merasakan sensasi ekstrim di tengah Sungai kalibaru, tepatnya di daerah Sukaraja, Cimahpar.

Sekilas Tentang Kabupaten Bogor

Sungai kalibaru merupakan sungai irigasi tidak terlalu besar dan debit air nya pun tidak terlalu deras,dan serta suasana di tempat ini sangat cocok untuk dilewati perahu karet.

Sungai ini berada di tengah Bogor, hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit saja dari pintu keluar tol Bogor atau keluar pintu tol Sentul Selatan. Dan hanya butuh waktu kurang lebih 45 menit saja dari pusat ibu kota Jakarta.


Curug Cilember


Lokasi Curug Cilember berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua Puncak. Jika Anda dari Jakarta mengendarai mobil, maka akan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk dapat sampai di salah satu air terjun terkenal di Bogor ini.

Curug Cilember memiliki panorama alam yang indah, udaranya begitu sejuk, serta terdapat 12 jenis kupu-kupu yang hidup di tempat ini. Air terjun Cilember memiliki keunikan karena terdapat tujuh curug (air terjun) berderet yang membentuk pemandangan alam yang sungguh menggoda. Curug Cilember ini berada di kawasan hutan lindung Bogor – Puncak – Cianjur (Bopunjur) dengan ketinggian sekitar 800 meter dpl.

Di Curug Cilember, terdapat pula laboratorium penangkaran kupu-kupu. Anda dapat mendatangi laboratorium ini untuk mendapatkan informasi tentang kupu-kupu. Selain itu, tempat penginapan juga tersedia di tempat ini. Dengan hutan pinus yang rimbun, kawasan Curug Cilember kerap menjadi tempat pilihan untuk kegiatan hiking dan tracking.

Ganggu Ketertiban, Pembalap Liar Ditangkap


Goa Gudawang Bogor

Objek wisata Goa Gudawang merupakan goa kapur yang menjadi tempat wisata di kabupaten Bogor. Tempat wisata ini terletak di Desa Argapura, untuk mengakses goa ini anda harus melalui jalur Leuwiliang - Jasinga, dari Jakarta menuju goa ini dapat memakan waktu 2-3 jam. Disini anda bisa menemukan kelelawar yang bergelantungan di dalam gua serta staglagmit dan stalaktit.

 Di lokasi Goa Gudawang terdapat tiga goa yang dibuka untuk wisata umum. Goa Sipahang akan menjadi sebuah kegiatan berpetualang yang begitu berkesan. Pasalnya tersaji berbagai rintangan alam yang harus kita lewati, guna dapat menyaksikan pesona dari goa dengan panjang lebih kurang sekitar 750 meter tersebut. Keindahan Goa Sipahang seperti memang tersembunyi di bagian dalam.

Selain itu, kita juga dapat menyusuri goa lainnya yang disebut dengan Goa Simenteng. Dengan memiliki panjang lebih kurang sekitar 250 meter, Goa Simenteng menjadi salah satu goa yang terlihat begitu indah dan memiliki keunikan tersendiri.

Goa terakhir yang dapat kita kunjungi, yakni Goa Simasigit. Tidak jauh beda dengan Goa Simenteng, mulut goa ini juga terbuat dari ukiran batu atau arca yang menyerupai mulut seekor harimau. Selain itu, kita juga akan disuguhkan dengan pesona eksotik dari bebatuan Stalaktik dan Stalagmit ketika memasuki Goa Simasigit.

Terdapat beberapa fasilitas yang tampak telah disediakan oleh pihak pengelola Kawasan Wisata Goa Gudawang. Diantaranya, yakni berbagai perlengkapan untuk menyusuri goa, seperti senter, pipa atau selang oksigen, lampu-lampu penerangan didalam goa.

Terdapat sebuah penggung untuk melakukan pertunjukan kesenian, arena bermain bagi anak-anak, warung-warung yang menjajakan berbagai jenis menu makanan dan minuman ringan, serta jasa pemandu guna menemani kegiatan kita menyusuri goa.


Panjang Jiwo Resort Sentul Bogor


Panjang Jiwo Resort berdiri pada tahun 2003 di daerah Sentul-Bogor. Awalnya Panjang Jiwo Resort hanya memiliki satu buah penginapan (villa Sekar Jagad), satu buah kolam renang dan satu buah kolam pancing, yang disewakan sebagai tempat berlibur keluarga.

Tempat outbound Panjang Jiwo sangat cocok bagi anda yang akan berkegiatan outbound, training, team building, paintball, gathering keluarga atau karyawan, karena fasilitas di Panjang Jiwo Resort sangat mendukung untuk kegiatan tersebut. Panjang Jiwo Resort pun merupakan penginapan yang dekat dengan lokasi arung jeram (rafting) di Kali Baru.

Laporan: Nuvola Gloria

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya