10 Destinasi Wisata Keren Banyuwangi Wajib Didatangi

Kawah Ijen, Jawa Timur
Sumber :
  • Antara/ Seno S

VIVA.co.id – Kabupaten kecil di ujung timur Jawa Timur ini memiliki banyak wisata keren. Karena itu, bagi Anda yang mudik bisa menyempatkan sedang mencari tempat berlibur, daerah ini bisa menjadi pilihan.

Plesiran ke Daerah Jawa Timur, Ini Daftar Tempat Kece di Banyuwangi

Berdasarkan rilis Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Banyuwangi sudah mendatangkan 1,5 juta wisatawan nusantara dan 30 ribu wisatawan mancanegara per tahun. “Ada banyak lokasi menarik di Banyuwangi. Anda akan terkagum-kagum melihat fenomena alamnya. Ayo ke Banyuwangi,” kata Menpar, Arief Yahya.

Beragam wisata alam, seperti gunung, pantai dan padang rumput hijau bisa Anda nikmati. Dan bila Anda benar-benar mudik Lebaran, Pesona Lebaran Banyuwangi siap menyambut Anda dengan puluhan atraksi atau obyek wisata. Berikut ini 10 destinasi wisata Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi.
 
1. Kawah Ijen

Banyuwangi, Pesona Ujung Timur Pulau Jawa yang Menawan

Kawah Ijen merupakan sebuah pemandangan alam dengan ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah seluas 20 kilometer ini dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter.

Daya tarik utama dari tempat wisata yang secara administratif terletak di Banyuwangi dan Bondowoso ini adalah api biru atau blue fire. Api yang terletak di bawah kawah ini berwarna biru dan terlihat semakin cantik saat kondisi sekitarnya gelap.

Pesona Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi, Dapat Penghargaan ISTA 2019

Hal menarik lainnya adalah Anda dapat menyaksikan kegiatan tambang belerang. Kawah Ijen merupakan salah satu dari dua kawasan tambang belerang tradisional di Indonesia setelah Welirang.

Penambang Belerang Kawah Ijen

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung atau disebut dengan G-Land ini sangat populer di kalangan peselancar domestik dan mancanegara. Pantai Plengkung memiliki ombak yang sangat ideal untuk berselancar dan mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder.

Itu karena ombak di tempat wisata ini berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian mencapai 6 meter. Ombak di pantai ini juga disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii. Saat terbaik untuk berselancar di Pantai Plengkung antara Juli–September.

Di sini juga terdapat hutan tropis yang mengelilingi pantai. Anda bisa melakukan trekking dan mengunjungi air terjun yang ada di dalam hutan.

3. Pantai Rajegwesi

Pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran ini merupakan tempat wisata alam sekaligus sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di sini, Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dan bunker sisa kejayaan bangsa Jepang di masa penjajahan.

Pantai Rajegwesi memiliki keunikan yang tak banyak dimiliki pantai-pantai lain. Pasir pantai berwarna kecokelatan dan sangat lembut. Selain itu, Anda juga bisa melihat kehidupan masyarakat nelayan, perahu nelayan yang diparkir di bagian barat pantai, sedangkan bagian timur dibiarkan lapang untuk tempat penyu bertelur.

4. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol bisa dengan mudah Anda temukan jika dalam perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang dari Jember dan sekitarnya. Lokasi pantai ini ditandai dengan bongkahan batu besar di tengah jalan dan patung Gandrung atau penari khas Banyuwangi.

Pantai Watu Dodol berada di poros Banyuwangi–Situbondo dan hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Ketapang. Selain itu, Anda bisa menyaksikan keindahan tempat wisata ini dari bukit yang berada di dekat pantai.

Untuk urusan kuliner, Anda tak perlu khawatir karena terdapat banyak warung makan di sini yang siap memuaskan lidah dan perut Anda.

5. Teluk Hijau

Teluk Hijau atau Green Bay tak hanya menarik di namanya saja, teluk ini benar-benar memiliki air yang jernih kehijauan dan sangat menakjubkan. Tempat wisata di Banyuwangi yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan dikelilingi hutan tropis.

Banyak kegiatan bisa Anda lakukan di sini seperti berenang, snorkeling, bermain pasir dan memancing. Anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Bidadari yang terletak di kawasan pantai. Konon, air terjun dengan ketinggian 8 meter ini merupakan tempat mandi para bidadari pada saat-saat tertentu.

6. Pantai Pulau Merah

Jika Teluk Hijau memiliki air yang jernih kehijauan, nama Pantai Pulau Merah disebabkan adanya sebuah bukit tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Anda bisa berjalan mendekat ke bukit saat air sedang surut.

Bukit ini tertutup pohon dan semak hijau dan hanya terlihat sedikit semburat merah saat senja. Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Pesanggaran ini memiliki sebuah pura Hindu degan nama Pura Tawang Alun.

Pura ini kerap digunakan sebagai lokasi ritual pada saat-saat tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar Pantai Pulau Merah. Penginapan juga sudah banyak tersedia di sekitar pantai bagi Anda yang tak cukup menikmati tempat wisata ini dalam waktu sehari.

Beragam kegiatan bisa Anda lakukan di sini mulai dari berselancar dan hunting foto. Untuk kegiatan berselancar, pantai sepanjang 3 kilometer ini memiliki ombak yang ideal bagi peselancar pemula.Pantai Pulau Merah

7. Air Terjun Kalibendo

Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, Air Terjun Kalibendo menawarkan pemandangan luar biasa indah dan menenangkan, air jernih dan sungai-sungai dengan air dingin yang mengalir di sekitar air terjun.

Berada di dataran tinggi, membuat tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan. Jika berangkat dari Kampung Anyar, Glagah, Anda akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah. Anda akan diajak melewati perkebunan teh, kopi dan cengkeh berupa hamparan hijau menyejukan mata. Suasana pedesaan juga dapat Anda rasakan dalam perjalan menuju ke air terjun setinggi 10 meter ini.

8. Air Terjun Lider

Air terjun yang tak kalah menakjubkan ini berada di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut membuat Air Terjun Lider cukup sulit diakses.

Medan yang lumayan berat membutuhkan stamina yang bagus. Tapi tenang saja, pemandangan luar biasa indah dapat Anda saksikan selama perjalanan menuju tempat wisata ini. Anda akan melewati hamparan perkebunan, tujuh sungai di dalam hutan dan jika Anda beruntung, bukan tak mungkin bertemu dengan kera dan burung selama perjalanan.

9. Agrowisata Kali Klatak

Ini adalah pelopor agrowisata pertama di Banyuwangi. Agrowisata Kali Klatak sebelumnya dimiliki oleh Belanda di bawah Mij Moorman & Co. sampai akhirnya beralih ke tangan pengusaha pribumi, R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Berada di lereng gunung dengan ketinggian mencapai 450 meter di atas permukaan laut membuat tanah di sini cukup subur, sehingga cocok untuk bertanam apapun. Hasil perkebunannya, meliputi karet, kopi, cokelat, kelapa, buah-buahan dan beragam rempah.

10. Cagar Alam Baluran

Keunikan tempat ini adalah adanya padang rumput atau sabana yang di dalamnya bisa dijumpai berbagai hewan liar. Pelancong bisa menikmati keindahan cagar alam ini melalui menara pengawas.

Anda bisa melihat keseluruhan wilayah konservasi ini beserta aktivitas binatang yang hidup di sana. Nuansa petualangan akan benar-benar terasa karena Anda bisa melewati hutan bertemu dengan monyet yang hidup secara liar dan juga pantai berpasir putih, lautnya pun sangat tenang karena berada di laut Jawa.

Taman Nasional Baluran

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya