Beramai-ramai ke Monas, Pengunjung Dapat Diskon 25%

Pengunjung Monumen Nasional
Sumber :
  • Filzah Adini Lubis/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setelah hari pertama dan kedua Lebaran diisi dengan silahturahmi dan kumpul bersama keluarga dan saudara, di hari ketiga Lebaran biasanya dipilih masyarakat untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata. Salah satu obyek wisata populer di Jakarta, Monumen Nasional (Monas), menjadi salah satu tempat favorit didatangi pada Jumat, 8 Juli 2016.

Ada yang Aneh di Monumen Nasional Jakarta

Pengawas layanan Monas, Muchlis, mengatakan bahwa piknik di sekitar kawasan ini sudah menjadi hal biasa, apalagi di saat momentum hari besar keagamaan maupun Nasional.

Muchlis mengatakan, bagi pengunjung yang ingin menaiki puncak Monas beramai-ramai lebih baik membeli tiket surat, karena akan memberikan diskon hingga 25% kepada pengunjung. "Kalau grup, minimal 30 orang, lebih bagus pakai tiket surat. Lumayan ada diskon 25%," kata dia kepada VIVA.co.id, Jumat, 8 Juli 2016.

Monas Jadi Lokasi Balap Formula E, Ini Alasannya

Kendati demikian, menurut dia, demi kenyamanan, seharusnya pengunjung melakukan pemesanan atau pembelian tiket sebelum Lebaran, antara H-1 atau seminggu sebelum berwisata ke Monas.

Adapun harga tiket naik ke Tugu Monas termasuk Museum Sejarah Nasional untuk dewasa sebesar Rp15 ribu, sedangkan tiket masuk ke museum hanya Rp5 ribu. Untuk anak-anak atau pelajar Rp2 ribu dan mahasiswa Rp5 ribu hingga puncak. Sementara jika hanya menikmati taman di sekitar Monas, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

Kasus Sembako Maut, Polisi Periksa Pengelola Monas

Salah satu pengunjung, Henri yang merupakan warga Jakarta Timur mengaku sudah silaturahmi dengan keluarga di hari pertama dan kedua Idul Fitri. Karena itu, hari ini, Henri dan keluarga memilih menghabiskan waktu untuk berwisata di sekitar Jakarta.

"Sudah (silaturahmi) kemarin, dua hari. Kebetulan lagi bawa saudara juga dari kampung. Karena Monas dekat dari rumah, ya sudah ke sini saja," kata dia, yang sedang menunggu antrean kereta wisata Monas bersama keluarganya kepada VIVA.co.id, Jumat, 8 Juli 2016.

Alasan serupa juga disampaikan Diah, warga Jonggol yang datang bersama sembilan sanak saudaranya.

"Tadi sudah ke rumah saudara. Sekarang ke sini (Monas) bawa anak-anak biar enggak pusing," katanya sambil memilih souvenir yang dijajakan di sekitar kawasan Monas.

Tidak hanya warga sekitar Jakarta saja yang menghabiskan libur Lebaran di Monas, namun ada warga dari luar kota, seperti Cirebon yang juga mengunjungi lokasi wisata ini.

"Bawa anak-anak saja, ada yang belum pernah lihat (Monas). Jadi, ya ikut saja. Ada cucu sama anak yang mau piknik di dalam, kita sudah menyiapkan tikar. Kita ada tiga mobil tadi yang ke sini," ujar Dian asal Cirebon.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya