Melihat Keindahan Tana Toraja Lewat Toraja Marathon 2016

Toraja Marathon 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin
VIVA.co.id
Wisata Alam Melihat Habitat Asli Harimau Jawa
- Untuk pertama kalinya sebuah olah raga wisata bertaraf internasional diselenggarakan di Indonesia Timur. Kali ini lomba lari marathon 'Toraja Marathon 2016' akan dilangsungkan di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada 13 Agustus 2016 mendatang.

Wisata Bahari Manado Diminati Wisman Asal Korea dan Jepang
Asisten Deputi pengembangan segmen pasar personal, deputi bidang pemasaran pariwisata, Raseno Arya, mengatakan penyelenggaraan Toraja Marathon 2016 siap menyedot perhatian masyarakat dunia untuk datang melihat keindahan Tana Toraja. 

Kemenpar Siapkan Acara Spesial untuk Liburan Akhir Tahun
Selain untuk ajang lomba lari, acara ini juga menjadi promosi pariwisata yang efektif, sebagai titik tolak kebangkitan pariwisata Tana Toraja.

"Toraja marathon 2016 ini jadi lomba lari marathon tingkat Internasional yang pertama kali diadakan di Sulsel dan juga sebagai destinasi wisata utama Indonesia timur," kata Raseno Arya saat ditemui di konfrensi pers Toraja Marathon 2016, di gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa, 2 Agustus 2016.

Pada Toraja Marathon 2016 ini, para peserta lomba akan melintasi pemandangan eksotis serta obyek-obyek wisata unggulan di Tana Toraja.

Arya juga meyakini penyelenggaraan marathon, sekaligus wisata ini dapat mendatangkan kunjungan wisatawan dalam jumlah besar, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Tentunya ini akan timbul banyak pengeluaran transportasi, akomodasi sehingga akan menggerakkan perekonomian masyarakat sekitarnya," ujar Arya.

Lexi Rohi selaku panitia penyelenggra Toraja Marathon 2016 mengatakan jumlah peserta yang akan hadir mencapai 1.000, baik di dalam negeri maupun dari luar negeri.

Selain peserta lokal, Ada 20 orang pelari dari luar, ada yang dari Kenya, Singapura, Malaysia, Zimbabwe dan wisman dari Eropa," ucap Lexi.

Katergori yang akan dilombakan pada Toraja Marahthon 2016 terbagi menjadi 4 kategori yakni, 5 km, 10 km, 23 km dan 42 km, dengan kombinasi jenis road running maupun semi trail melalui kota dan desa-desa penduduk asli Toraja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya