Aceh dan NTB Bersaing Dapatkan Penghargaan Wisata Halal

Potensi Wisata Bahari Sabang
Sumber :
  • Antara/M Agung Rajasa
VIVA.co.id
5 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat yang Menarik Dikunjungi
- Sebelum Aceh, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) lebih dulu menjadi destinasi pariwisata halal (Halal Tourism) di Indonesia. Kini, kedua daerah itu tengah bersaing untuk mendapatkan penghargaan World Best Halal Honeymoon Destination dan Wolrd Best Halal Tourism Destination.

Pelabuhan Kapal Pesiar Beroperasi, NTB Targetkan 4,5 Juta Wisatawan
Namun, Aceh mengklaim saat ini daerahnya memiliki wisata halal yang berbeda dengan provinsi Nusa Tenggara Barat.

TNGR Sebut Pemisahan Tenda Pria dan Wanita di Rinjani Bukan Prioritas
"Kalau di Lombok mungkin ada yang halal, ada juga yang bebas. Kalau di Aceh ini daerah Syariah, semuanya pakai konsep halal. Dan kita pilih memang destinasi yang sudah siap. Baik itu dari sisi alamnya maupun budayanya, cuma konsepnya halal," ujar Kadisbudpar Aceh, Reza Pahlevi di Gedung Sapta pesona, Jakarta pusat, Kamis, 4 Juli 2016.

Ia menjelaskan, daerah yang terkenal dengan Bumi Serambi Makkah ini menerapkan sistem Syariah yang membuatnya sudah teruji untuk urusan wisata halal. Bisa dikatakan, bahwa halal adalah bagian hidup dari masyarakat Aceh.

Tak kalah dengan pariwisata alam andalan Nusa tenggara, yaitu Lombok, provinsi Aceh juga memiliki wisata alam yang indah, mulai dari pulau Sabang, kota Banda Aceh dan panorama Gunung Lauser yang memesona.

Selain itu, Reza menambahkan, Aceh juga memiliki wisata sejarah Islam yang cukup lengkap, karena Islam pertama kali adalah dari tanah Aceh.

"Kita juga fokus ke heritage site sejarah masuknya Islam ke nusantara, Aceh Barat memiliki garis pantai yang cukup panjang, baharinya sangat kuat di situ," ujar Reza.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya