5 Taman Nasional Ini Jadi Tempat Hidup Orangutan Liar

Leonardo DiCaprio bercengkerama dengan orangutan.
Sumber :
  • Facebook.com/LeonardoDiCaprio

VIVA.co.id – Melihat dari dekat kehidupan satwa langka, tentu menjadi suatu hal yang menyenangkan. Apalagi, lokasinya berada di dalam hutan yang asri.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Orangutan menjadi salah satu satwa yang sangat dilindungi karena populasinya yang semakin sedikit. Karena hal ini, banyak hutan dijadikan tempat karantina untuk para orangutan. Tempat karantina hewan langka ini pun menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kini, beberapa suaka marga satwa di Kalimantan dan Sumatera menjadi populer untuk wisatawan mancanegara, karena di sana mereka bisa melihat secara langsung orangutan yang dilindungi.

6 Taman di Sentosa Sensoryscape Ini Keren Banget, Bangkitkan Panca Indera dan Imajinasi

Dilansir Lonelyplanet.com, suaka margasatwa seperti Tanjung Puting dan Taman Nasional Gunung Lauser kini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara.

Mereka para turis asing, rela datang jauh-jauh untuk menyaksikan kekayaan alam di Indonesia. Jika berminat, berikut lima tempat, di mana Anda dapat melihat primata terbesar itu.

Sentosa Sensoryscape: Sensasi Baru di Singapura yang Wajib Dikunjungi!

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Selatan

Taman Nasional Tanjung Punting merupakan tempat pelestarian orangutan pertama di Indonesia. Jaraknya yang lumayan jauh membuat para wisatawan harus menyusuri hutan lebat Kalimantan,

Anda juga harus menyusuri sungai dengan perahu masyarakat yang disebut dengan kelotok. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar ketika anda telah sampai di Tanjung Puting, karena di sana Anda tidak hanya melihat Orangutan di alam liar, tapi juga bisa melihat kerabat dekatnya Owa yang juga hewan endemik asal Kalimantan.

Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur

Selain di Tanjung Puting, kita juga bisa menyaksikan orangutan secara liar di Taman Nasional Kutai. Di sini para wisatawan bisa berinteraksi dengan primata berbulu cokelat itu. Tak hanya bisa melihat orangutan, jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan kucing hutan dan beruang madu hidup liar di sini.

Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat

Taman Nasional Betung Kerihun memiliki jumlah orang orang utan terbanyak. Taman ini berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia. Untuk menuju ke sana anda akan berpetualang menyusuri hutan belantara dan sungai berarus deras. Anda akan dibawa oleh perahu penduduk setempat dari Nanga Potan, sebuah kota kecil dekat hutan yang hanya dapat diakses oleh perahu kayu.

Pusat Rehabilitasi Menteng Nyaru, Kalimantan Tengah

Pusat rehabilitasi ini hanya berjarak 28 kilometer dari  kota Palangkaraya. Pusat rehabilitas ini digagas oleh organisasi pencinta alam untuk melindungi satwa langka tersebut. Di sini anda bisa melihat bayi bermain, selain itu anda juga bisa menyaksikan langsung satwa liar lainnya.

Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara

Orang Utan Sumatera merupakan spesies yang berbeda dengan yang ada di Kalimantan. Dari ciri fisik mereka pun berbeda. Orangutan Sumatera memilki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang di Kalimantan.

Untuk dapat berkunjung ke tempat ini Anda dapat melalui kota Medan. Taman Nasional Gunung Lauser merupakan satu-satunya taman nasional yang memililki orangutan liar di Sumatera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya