Terungkap, Fotografi Bawah Laut Ada Sejak 1800

Ilustrasi fotografer.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Belakangan, foto underwater, atau foto di dalam air tengah menjadi tren, dan banyak diunggah ke sosial media. Tapi, pernahkah terbayang siapa yang pertama kali melakukan foto dengan konsep underwater. Sebuah foto misterius di klaim sebagai foto underwater pertama.

Akhirnya Terkuak, Segini Harga Xiaomi 14 di Indonesia

Banyak misteri yang menyelubungi foto ini. Namun, kita tahu pasti bahwa itu adalah ahli kelautan Rumania, Louis Boutan, dan diambil suatu waktu antara tahun 1893 dan 1899 di Banyuls-sur-Mer, di Prancis Selatan. Louis Boutan adalah pelopor fotografi Perancis. Demikian dilansir dari situs Bored Panda.

Pada awalnya ia bekerja untuk laboratorium biologi kelautan, kemudian jatuh cinta dengan menyelam. Seiring waktu berlalu, Boutan ingin menunjukkan kepada orang bahwa di dunia bawah laut ia memiliki pengalaman tersendiri.

Desain Ringkas dan Canggih, Begini Penampakan Kamera Digital Terbaru Fujifilm X100VI

Dengan bantuan saudaranya, Louis menciptakan kamera bawah air di tahun 1893. Pada saat itu penemuan ini dianggap maju karena fotografer atau penyelam bisa menyesuaikan diafragma, pelat, dan shutter saat di bawah air.

Namun, tantangan terbesar bagi Louis adalah pencahayaan. Dengan rig fotografi flash yang tersedia, Boutan butuh sekitar 30 menit untuk menerangi pelatnya di bawah air.

Spesifikasi dan Harga Realme 12 5G di Indonesia

Penemuannya ini menggunakan lampu alkohol di tong yang diisi oksigen. Ia menggunakan bola karet untuk memantik serbuk magnesium dalam lampu, menciptakan kilatan. Meskipun produksi penciptaan pencahayaan ini jauh lebih baik daripada rekan-rekannya, itu masih sangat besar.

Boutan melanjutkan pekerjaannya dan membuat lebih banyak flash portable, kotak kamera yang lebih kecil dan lensa yang lebih ditingkatkan. Louis Boutan adalah salah satu dari sedikit, jika bukan satu-satunya, fotografer bawah air yang mendorong fotografi ke puncak yang baru.

Penceramah Buya Yahya.

Memajang Foto Ulama di Rumah, Bagaimana Hukumnya? Ini Kata Buya Yahya

 Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya menerangkan, terkait hukum memajang foto para ulama di rumah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024