Melongok Pameran Arsitek Legendaris Italia

Vico Magistretti, A Travelling Archive.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Nama Vico Magistretti mungkin tak banyak yang mengetahuinya. Tapi, di negara asalnya Italia, Vico merupakan arsitek dan seniman hebat yang karyanya banyak mengubah gaya hidup masyarakat Italia.

Pameran PUSPA HATI: Upaya Dorong Apresiasi Seni Rupa Indonesia

Karena itu, untuk mengenang karya-karya luar biasa dari Vico Magistretti, Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia di Jakarta menggelar pameran unik bertajuk Vico Magistretti, A Travelling Archive.

Pameran ini digelar di ruang serba guna Institut Kebudayaan Italia di Jakarta pada 8 September hingga 7 Oktober 2016.

Tuan 13 Hingga Yacko Bakal Temani Ribuan Seniman Graffiti Berkreasi dari Berbagai Negara

Lewat desain dari Arsitek Cosmas D Gozali, pameran ini mencoba untuk menghidupkan kembali sudut demi sudut studio tempat Vico bekerja selama hidupnya. Di sepanjang dinding akan ditampilkan berbagai sketsa, surat, hingga kertas favoritnya. Pameran ini juga menampilkan beberapa karya arsitektur maupun desain yang terkenal dari Vico.

Menurut Cosmas, karya Vico yang sudah dipelajarinya adalah karya-karya yang menyenangkan dan sangat sederhana.

Pakar Miris Lihat Generasi Muda Enggan Lirik Seni di Indonesia, Imbas Badai Budaya Barat?

"Kita tahu Italia itu kaya budaya. Kalau melihat sejarah bangunannya kaya dengan ornamen Milan dan Roma. Vico bisa mengambil essence dari arsitektur bangunan-bangunan itu untuk menciptakan karya yang mencengangkan," ujar Cosmas saat konferensi pers di Institut Kebudayaan Italia, Jakarta, Rabu, 7 September.

Selama hidupnya, Vico telah mendapatkan berbagai penghargaan penting, di antaranya Compasso d'Oro dan First Prize of the Triennale of Milan.

Pameran Kolektif Tarte X Wangsa

Pameran A Color Play, Saat Seni Bertemu dengan Ruang Santai dan Kuliner

Tema pameran, A Color Play, memadukan beragam warna yang ditampilkan dalam karya-karya seni dengan nuansa monokrom dan zen Wangsa Eatery.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023