FOTO: Tinalapu, Secuil Surga di Sulawesi Tengah

Pesona Pulau Tinalapu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pernahkah Anda berkunjung ke Sulawesi? Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan wisata Pantai Losari di Makassar, Pantai Tanjung Bira di Bulukumba atau Bunaken di Manado. Namun tahukah Anda bahwa tak hanya Tanjung Bira atau Bunaken saja yang punya perairan jernih di pulau mirip huruf K itu?

Ricuh di Depan Umum, Tak Ada Sanksi bagi Bupati dan Wakilnya

Tinalapu adalah salah satunya. Daerah ini mungkin belum familiar di antara para wisatawan. Tinalapu merupakan pulau kecil nan cantik di Teluk Tomini, tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Pesona Pulau Tinalapu

Melongok Keindahan Sulawesi Tengah dari Air Terjun Salodik

Pulau dengan luas seperempat lapangan sepakbola tersebut bisa dibilang pulau yang masih virgin. Panoramanya yang masih sangat asli dengan perairan jernih sebening kaca menjadi daya tarik tersendiri dibanding kawasan wisata lainnya.

Pesona Pulau Tinalapu

Gempa Darat Dangkal Bayangi Poso

Pulau tak berpenghuni dengan hamparan pasir putih dan pemandangan bawah lautnya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kualitas air laut yang masih sangat terjaga membuat terumbu karangnya yang berukuran besar bisa tumbuh dengan baik. Berbagai jenis ikan dengan corak warna-warni pun dapat Anda temui di tempat yang memanjakan mata ini.

Cara mencapai Tinalapu
Jika Anda dari Jakarta, perjalanan dapat ditempuh melalui penerbangan ke Makassar. Dari Makassar, traveler dapat melanjutkan penerbangan ke kota Luwuk, Sulawesi Tengah selama satu jam menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen Garuda Indonesia yang terbang satu kali sehari.

Sebelum melanjutkan perjalanan, ada baiknya traveler mempersiapkan perbekalan, mengingat jarak dari Kota Luwuk menuju ke Pelabuhan Pagimana, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah nantinya memakan waktu selama kurang lebih 3 jam melalui darat. Traveler dapat menyewa mobil minibus dengan tarif Rp400 ribu untuk mencapai pelabuhan tersebut.

Pesona Pulau Tinalapu

Pelabuhan Pagimana merupakan gerbang utama menuju pulau tak berpenghuni ini. Dari sini, perjalanan dapat dilanjutkan dengan speedboat yang dipatok mulai harga Rp1 juta rupiah.

Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa berkeliling pulau Tinalapu selama satu hari. Pagimana-Tinalapu dapat ditempuh selama 50 menit dengan speadboat ini. Selain menyediakan jasa transportasi menuju Tinalapu, Pelabuhan Pagimana juga menawarkan warung-warung makan dengan menu seafood yang mengunggah selera.

Tinalapu, pulau kecil eksotis ini tak akan mengecewakan pandangan mata Anda.

Lihat foto-foto Tinalapu selengkapnya di sini.

Laporan: Muhamad Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya