Enam Simbol Keberuntungan Jepang yang Layak Diketahui

Daruma Boneka Keberuntungan di Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id – Kebanyakan orang Jepang percaya adanya keyakinan tradisional sebagai simbol yang bisa memaksimalkan keberuntungan dan meminimalisir nasib buruk.

7 Benda Pembawa Keberuntungan yang Ada di Dunia

Logo simbol keberuntungan Jepang terdiri dari lingkaran merah yang melambangkan Jepang dengan tulisan kanji yang dibaca unki artinya adalah keberuntungan.

Masyarakat Jepang mengenal 12 logo simbol keberuntungan. Dari Maneki Neko atau patung kucing yang banyak ditemui di toko-toko dengan tangan terangkat ke arah depan, hingga Daruma Doll, boneka mainan tradisional berbentuk bulat tanpa kaki dan tangan.

7 Makanan Tahun Baru Imlek Ini Akan Membawa Keberuntungan, Apa Saja?

Jelang pergantian tahun, restoran cepat saji bergaya Jepang, HokBen, kembali menghadirkan kalender dan agenda dengan mengusung tema Japanese Lucky Symbol.

"Setiap tahun kami menerbitkan agenda dan kalender dengan sentuhan tema budaya Jepang yang menarik. Selain itu, ini adalah program amal, dimana setiap pembelian diartikan sebagai bentuk dukungan kepada pihak membutuhkan," kata Marketing Communication Group Head HokBen, Fransisca Lucky melalui keterangan tertulis.

5 Shio Ini Diprediksi Mendapat Keberuntungan di 2022, Siapa Saja

Berikut ini enam di antara 12 logo simbol keberuntungan Jepang yang layak diketahui.

Maneki Neko
Simbol ini adalah patung kucing yang mengisyaratkan memanggil dengan tangan terangkat ke arah depan, diyakini dapat memberikan keberuntungan dan kebaikan kepada pemiliknya.

Patung Maneki Neko berbentuk kucing dengan satu tangan terangkat, tangan sebelah kiri ukurannya lebih besar, dikorelasikan sebagai tangan yang menyambut pelanggan atau rezeki, sedang tangan lain sebagai penerima uang.

Senbazuru
Kumpulan seribu origami berbentuk burung bangau. Menurut legenda Jepang, seribu origami burung bangau dapat mengabulkan permohonan si pemilik. Hal ini didasari keyakinan masyarakat Jepang bahwa burung bangau adalah makhluk suci yang bisa hidup hingga seribu tahun.

Omamori
Sebuah jimat yang berisikan doa-doa ataupun keinginan yang sering dijual di kuil-kuil di Jepang. Di dalam jimat itu dituliskan beragam doa dan dipercaya dapat memberikan perlindungan dan keberuntungan pada pemiliknya.

Daruma Doll
Boneka mainan tradisional berbentuk bulat tanpa kaki dan tangan. Daruma dijual dengan dua mata yang belum digambar. Orang Jepang akan menggambar salah satu mata saat mengharapkan sesuatu dan menggambar satu mata lagi saat harapan mereka terkabul.

Kaeru
Memiliki dua arti, yaitu katak dan kembali dengan selamat. Karena pengucapannya yang sama, masyarakat Jepang percaya bahwa katak merupakan simbol keberuntungan untuk orang terdekat.

Kiuso
Kerajinan rakyat yang biasanya digunakan di kuil Dazaifu tenmangu untuk berbagai acara festival tahun baru. Masyarakat Jepang percaya bahwa Kiuso dapat mengubah nasib buruk dari tahun sebelumnya jadi naik baik.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya