Tradisi Tato Tertua Terdapat di Mentawai

Ilustrasi tato.
Sumber :
  • Pixabay/Mbragion

VIVA.co.id – Pulau Mentawai di Sumatera Barat memiliki keunikan tersendiri. Siapa sangka ternyata pulau ini memiliki tradisi tato tertua di dunia. Sebuah penelitian pernah mengungkap, tato yang ada di suku Mentawai lebih tua dari yang ada di Mesir.

Ada Cristiano Ronaldo, Ini 5 Bintang Sepakbola yang Tidak Memiliki Tato

“Menurut penelitian tato Mentawai merupakan tertua di dunia,” kata kepala Kantor Penghubung Sumatera Barat, Luhur Budianda saat ditemui di acara konferensi Pers di hotel Balairung, Jakarta Selatan, Senin, 14 November 2016.

Bagi masyarakat suku Mentawai, ritual mentato merupakan sebuah tradisi. Setiap anggota keluarga menggunakan tato sebagai identitas.

BAZNAS Berikan Layanan Gratis Hapus Tato Selama Bulan Ramadhan, Minat?

“Bagi suku Mentawai Tato itu diibaratkan baju buat mereka dan sebagai identitas juga. Jadi setiap guratan memiliki makna yang berbeda jadi tidak sembarangan orang membuatan guratan tato,” kata Budi.

Bagi masyarakat suku Mentawai ternyata tato tidak bisa dilakukan sembarang orang. Sang pembuat tato disebut dengan Sipatiti, sedangkan si orang yang akan di tato juga harus melakukan ritual adat terlebih dahulu.

Baznas DKI Buka Layanan Hapus Tato Gratis, Simak Jadwalnya
Menghapus tato dengan laser di Tasikmalaya

Warga Jaksel Ramai-ramai Hapus Tato, Alasannya Malu Sama Anak

Lebih 100 orang mengikuti program hapus tato yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) BAZIS DKI Jakarta di Jakarta Selatan Kamis, 21 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024