Lewat Budaya Asli, Tabanan Goda Wisatawan di Bali

Ulang tahun Kabupaten Tabanan ke 523.
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Kabupaten Tabanan merayakan ulang tahun (HUT) ke-523. Ribuan masyarakat dan puluhan wisatawan menyaksikan budaya asli Tabanan yang digelar di lapangan Alit Saputra, Kabupaten Tabanan, Bali.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Acara tahunan itu sendiri mengusung tema Eka Shanti Bwana yang artinya satu tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat tersebut pun berhasil menuai banyak pujian dari berbagai pihak.

Seni tari, musik, teater, wayang, dan kreasi seni lainnya menjadi sajian yang menghibur para pengunjung yang hadir, termasuk para wisatawan asing. Beragam kreasi dari putra-putri Tabanan juga mampu ditampilkan dengan cara yang unik dan kreatif.

Pemkot Denpasar Harapkan Penghargaan Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kota

"Dirgahayu Tabanan yang ke 523 ini adalah sebagai momentum seluruh masyarakat mengingat sejarah kejayaan Kabupaten Tabanan. Tabanan kini sudah semakin sejahtera di bawah pimpinan Bupati-nya yang terus membangkitkan semangat masyarakatnya dalam turut melakukan pembangunan di berbagai bidang,” ujar Wakil Gubernur Provinsi Bali, I Ketut Sudikerta melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Kamis 1 Desember 2016.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Berata, mengungkapkan apresiasinya terhadap penyelenggaraan acara HUT Kabupaten Tabanan yang ia nilai sangat berhasil menggabungkan antara pertunjukan budaya yang dikolaborasikan dengan nuansa modern.

Sindiran Menohok Pemprov Bali ke Filipina Usai Comot Pemandangan Sawah Ubud

"Saya mewakili Gubernur Provinsi Bali menghadiri acara puncak acara HUT Kabupaten Tabanan, rupanya acara ini sangat meriah, penuh dengan kreativitas seni dan budaya, serta sangat menghibur khususnya bagi masyarakat Bali itu sendiri,” ujarnya.

Dalam puncak perayaan yang rutin diadakan tahunan tersebut, masyarakat tampak menikmati berbagai suguhan kesenian dan musik yang disuguhkan oleh kolaborasidari para pemuda, anak sekolah, sanggar-sanggar serta kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan. Bahkan terlihat wisatawan mancanegara pun banyak yang berdatangan untuk turut menyaksikan perayaan tersebut.

Ilustrasi wisatawan asing

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Selama tahun 2023, lebih dari 5 juta wisatawan asing (wisman) berkunjung ke Provinsi Bali, jumlah ini melebihi yang ditargetkan Dinas Pariwisata Bali.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024