Bayar Hotel Mahal-mahal Tak Selalu Dapat Kamar Bersih

Ilustrasi kamar hotel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah studi soal standar pengujian kesehatan hotel di Inggris memaparkan hasil yang sangat mengejutkan. Ternyata hotel bintang lima merupakan yang terkotor, dengan hotel termurah merupakan yang terbersih.

Pria di Bangkalan Gerebek Istrinya Ngamar Bareng Selingkuhan di Hotel: Habis Kesabaran!

Penyelidikan kebersihan dilakukan pada hotel bintang lima, bintang empat, bintang tiga, bintang dua, dan hotel budget mencatatkan kekhawatiran bakteri yang tersembunyi di remote kontrol, bed cover, gelas, lampu, dan gagang pintu.

Harga kamar per malam mulai dari 35 poundsterling sampai 140 poundsterling. Ternyata, membayar lebih mahal untuk sebuah kamar tidak menjamin kebersihannya.

Viral Video Kamar Hotel Bocor Sampai Banjir, Netizen: Lumayan Dapet Warteboom

Dilansir laman Daily Mail, penelitian ini dilakukan oleh tim dari University Metropolitan Leeds untuk tayangan di stasiun televisi BBC One dalam acara 'RIP off Inggris: Holidays'.

Bakteri di kamar hotel tersebut diuji di labotarium oleh ahli mikrobiologi medis Dr Margarita Gomez-Escalada, untuk melihat berapa banyak bakteri tumbuh di bawah kondisi yang ketat. Semakin tinggi tingkat bakteri, kemungkinan kuat bahwa ruangan tidak dibersihkan baru-baru ini.

Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel, Anda Patut Waspada

Pelanggar terburuk dalam penelitian ini adalah hotel dengan kamar mewah, di mana tiga dari enam kamar diuji memiliki begitu banyak bakteri sehingga tidak bisa dihitung di labotarium.

Tingkat bakteri pada bed cover ternyata satu-satunya dalam studi yang memiliki jumlah bakteri yang terbanyak. Tempat bakteri lain dalam kamar hotel ditemukan pada saklar lampu, remote kontrol, dan pegangan pintu kamar mandi.

Dr Gomez-Ezcalada mengatakan, 'ketika Anda meninggalkan toilet, pegangan pintu adalah tempat Anda menyentuhnya, semua orang menyentuh keran toilet dan tidak semua orang memiliki keahlian untuk mencuci tangan dengan bersih, sehingga membuat pegangan pintu kamar mandi terkontaminasi pada hotel bintang lima lebih tinggi."

Dalam penelitian ini hotel bintang empat tidak jauh beda dengan bintang lima. Tim peneliti mengatakan, tidak termasuk pintu kamar mandi, ada tingkat bakteri yang tinggi di semua area kamar. 

Gelas kaca di kamar mandi, bagaimanapun berpotensi berbahaya karena skala tinggi bakteri yang ada, menurut para ahli. Dr Gomez berkomentar, "Tingkat tinggi pada gelas kaca berpotensi membuat Anda sakit karena menggunakannya."

Seprai dan remote televisi sangat bermasalah pada hotel bintang tiga. Tapi saklar lampu yang sangat memprihatinkan. Sedangkan pada hotel bintang dua menunjukkan bukti tingkat bakteri terendah secara keseluruhan dalam penelitian ini. 

Tidak ada bakteri yang ditemukan pada gagang pintu dan saklar lampu serta mendapatkan tingkat yang rendah di semua area kamar yang diuji. Sehingga para ilmuwan mengatakan hotel bintang dua memiliki risiko yang minimum.  

Budget hotel memiliki tingkat yang paling tinggi dalam kebersihannya dalam penelitian ini, dengan saklar lampu, pegangan pintu di kamar mandi, dan kaca menunjukkan bahwa kamar tersebut telah dibersihkan. Meskipun ada banyak kuman pada penutup tempat tidur dan tingkat tertinggi pada remote kontrol, namun secara keseluruhan tingkatnya lebih rendah dari hotel berbintang. 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya