Tips Merawat Furnitur agar Tidak Mudah Berjamur

Ilustrasi interior ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/Kaboompics

VIVA.co.id – Furnitur berbahan kayu menjadi salah satu pilihan untuk mengisi interior rumah, namun, ternyata bahan kayu juga memiliki masalah jika tidak dirawat dengan baik. Seperti dimakan rayap dan berjamur misalnya.

Tips Agar Perabot Rumah dari Stainless Steel Awet Tahan Lama

Eliza Fazia selaku Marketing Manajer IKEA menuturkan agar perabotan rumah tangga kesayangan Anda yang terbuat dari kayu tidak lapuk dan berjamur, sebaiknya dilapisi oleh cairan pelindung jamur atau vernis, karena vernis dianggap bisa melindungi perabotan berjenis dari kelembapan yang mengakibatkan jamur dan lapuk.

"Kalau kayu itu sebaiknya dilapisi oleh pelapis pelindung seperti vernis. Karena pelapis itu agar furniturnya tidak menyerap air. intinya untuk mencegah dari kelembapan," ujar Eliza kepada VIVA.co.Id, Senin, 30 Januari 2017.

Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Beli Sofa Lewat Online

Eliza menyarankan, ketika furnitur berbahan kayu anda terkena air, sebaiknya langsung dikeringkan, karena unsur kayu sangat rentan dengan kelembapan.

Tempat kan mebel pada posisi yang bersih dan kering dengan suhu normal, usahakan jangan menempel di dinding, karena dinding dianggap memiliki kelembapan yang cukup tinggi, apalagi ketika hujan turun.

5 Ide Desain Kursi Gantung untuk Percantik Halaman Rumah

"Usahakan jangan menempel ke dinding, karena dinding itu ketika hujan dia menjadi dingin dan lembap, itu bisa menyebabkan tumbuhnya jamur.

Selain itu, usahakan jangan mengenai matahari langsung, karena terlalu lama dan panas dijemur membuat furnitur berbahan kayu akan cepat kusam.

" Usahakan agar furnitur tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat furnitur kamu terlihat kusam, lapisan retak atau bahkan melengkung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya