Seribu Batu Songgo Langit, Wisata Ngehits di Yogyakarta

Wisata Seribu Batu Songgo Langit
Sumber :
  • Daru Waskita/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Wisata alam hutan pinus, Puncak Becici hingga kebun buah Mangunan di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, kini menjadi salah satu objek wisata alam yang menjadi favorit di Yogyakarta. Banyak wisatawan berkunjung saat hari libur, bahkan area parkir tak mampu menampung jumlah kendaraan roda dua hingga bus mikro.

Keren-keren! 5 Tempat Wisata Ini Bisa Diakses dari HeHa Ocean View

Ya, perkembangan wisata di kawasan hutan pinus mendorong warga di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, melakukan inovasi dengan menciptakan wahana wisata baru yang diberi nama wisata Seribu Batu Songgo Langit. Obyek wisata ini menghadirkan nuansa negeri dongeng, dengan banyak batu dan rumah kukusan, rumah hobbit hingga bandulan atau ayunan cinta.

"Namanya juga ada negeri dongeng maka sasaran wisatawannya adalah anak-anak, remaja dan orang tua. Di sini nantinya juga ada kegiatan mendongeng untuk anak," kata Aris Purwanto, pengelola wisata Seribu Batu Songgo Langit, Sabtu, 11 Maret 2017.

Tak Ada Habisnya, Ini 30 Destinasi Wisata Jogjakarta yang Bikin Rindu

Wisata ini dirintis dalam satu tahun terakhir dan baru ramai pada awal bulan Maret 2017. Pengembangan wisata ini dilakukan secara bertahap.

Ketika gazebo dan akses jalan telah dibangun, namun pengunjung masih sepi, pihaknya dan pengelola hutan pinus menambah wahana rumah kukus, rumah hobbit lima unit hingga bandulan cinta. Menurutnya, wahana wisata Seribu Batu belum lengkap, seperti replika kupu-kupu, kuda terbang dan masih banyak lagi. 

Wisata Bak Negeri Dongeng di Seribu Batu Songgo Langit

Itu karena anggarannya terbatas. Namun, pihak pengelola mengimbanginya dengan adanya kegiatan baca dongeng untuk anak-anak.

"Harapan saya memang negeri dongeng hadir di wisata Seribu Batu, namun harus bertahap sejalan dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan," ujarnya.

Rumah Hobbit di Seribu Batu Songgo Langit

Purwanto, salah satu penggagas wisata alam hutan pinus Desa Mangunan, mengatakan, keberadaan wisata Seribu Batu Songgo Langit bisa menjadi satu wisata dengan objek wisata hutan pinus karena lokasinya tidak jauh. "Kita ingin mencoba membuat wisata yang terpadu dengan konsep wisata minat khusus," ucap dia.

Untuk masuk objek wisata Seribu Batu Songgo Langit ini sangat murah. Tiket masuknya hanya Rp2.000 per orang dan tarif parkir juga sama. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya