Mengulik Pesta Rondang Bintang di Simalungun

Pesta Rondang Bintang
Sumber :
  • Dok. istimewa

VIVA.co.id – Pesta Rondang Bintang adalah salah satu budaya yang menarik untuk disaksikan di Simalungun, Sumatera Utara. Tradisi Pesta Rondang Bintang adalah pesta adat setelah panen. Ini digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen raya.

Puncak Arus Balik Lebaran Lintasan Bakauheni-Merak Diprediksi Malam Ini

Bupati Simalungun, JR Saragih mengungkapkan, pihaknya siap menggelar acara tersebut. Ini merupakan acara pariwisata tahunan berskala nasional. Saragih memastikan Pesta Rondang Bintang ini akan mendatangkan wisatawan lebih besar lagi.  Rencananya, acara ini akan digelar pertengahan tahun 2017.

"Event pariwisata ini sudah ada lebih dari 10 tahun," ucapnya dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 19 Maret 2017.

Strategi Pemerintah Cegah Kepadatan Penyeberangan Sumatera ke Jawa saat Arus Balik Lebaran

Event pariwisata ini merupakan bagian dari budaya yang ada di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Acara tersebut akan melibatkan 31 kecamatan yang ada di Simalungun, Sumatera Utara.

Di event ini akan ada hila yakni sejenis tarian khas Simalungun, kemudian ada pula tradisi menarik rotan atau dalam bahasa Simalungun yaitu Cerita Otang, lalu ada perayaan kedinginan atau dikenal dengan Bodat Nanga Lian. Tak ketinggalan Makail atau memancing.

Uniknya Suasana Lebaran di Kampung Arab Ampel Surabaya

"Di Pesta Rondang Bintang pun juga disuguhkan tarian Tor-Tor Somba yaitu budaya Simalungun yang biasa digunakan untuk acara raja-raja," ujarnya.

Istimewa

Arus Balik Lebaran, Baru 27 Persen Kendaraan Pribadi Kembali dari Sumatera ke Jawa

Secara akumulatif penumpang yang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera mulai tanggal 11 April 2024 hingga 13 April 2024 (HH s/d  H+2) sebanyak 227 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024