Indonesia Siap Jadi Kiblat Wisata Halal Dunia

Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2017.
Sumber :
  • Kementerian Pariwisata

VIVA.co.id – Indonesia menargetkan akan menjadi kiblat pariwisata halal dunia pada 2019 mendatang. Berbagai upaya digencarkan, salah satunya Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2017.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, tekad Indonesia begitu besar untuk menjadi destinasi wisata halal nomor satu dunia. Pasar wisata halal itu besar dengan pengeluaran yang tinggi.

"Syarat 3S-nya terpenuhi, untuk dipilih sebagai sasaran pasar," kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima dari VIVA.co.id, Selasa, 11 April 2017.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

3S yang dimaksud adalah size, sustainable, dan spread. Langkah besar selanjutnya adalah aktivitas selling, sebagai kegiatan utama Kementerian Pariwisata tahun 2017. The 14th Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2017 di Kuala Lumpur Convention Center adalah salah satu langkah tersebut.

MIHAS 2017 yang digelar 5-8 April menjadi event perdana bagi Kemenpar. Stand Wonderful Indonesia tampil beda dan menonjol diantara kebanyakan exhibitor yang menawarkan produk atau jasa halal lainnya sehingga kegiatan branding dan Halal Tourism Indonesia pun didapat.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

"Ini tentunya meningkatkan awareness Wonderful Indonesia sebagai destinasi wisata halal unggulan dunia," ujar Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Riyanto Sofyan.

Selain itu, menurut Riyanto MIHAS 2017 merupakan momentum yang tepat bagi Indonesia untuk melaksanakan strategi branding dan PR di ajang pameran halal yang mempunyai eksposur termasuk dalam kategori terbesar di dunia.

"Wonderful Indonesia baru-baru ini cukup menonjol dan mendominasi di World Halal Travel Award tahun lalu," kata Riyanto.

Kegiatan penjualan pada MIHAS 2017 adalah B2B dan B2C dari berbagai sektor di industri halal termasuk pariwisata. Selain dari B2B, karena MIHAS 2017 dipadati oleh pengunjung dari Malaysia, maka peluang B2C pun sangat besar.

Diperkirakan sedikitnya ada 1.000 pengunjung mampir ke booth Wonderful Indonesia, yang secara serius ingin mengetahui, baik destinasi, hotel, maupun paket-paket wisata halal unggulan. Ada juga yang langsung membuat pesanan pada saat berkunjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya