Hotel Mewah Bernuansa Klasik ala Belanda di Sukabumi

Selabintana Resort
Sumber :
  • Facebook Hotel Selabintana Conference Resort

VIVA.co.id – Jika Anda berkunjung ke Sukabumi, hotel berikut ini bisa jadi pertimbangan akomodasi pilihan. Hotel berbintang ini tak biasa, karena arsitekturnya punya keunikan tersendiri.

10 Hotel dengan Gaya Arsitektur Terunik di Indonesia

Selabintana Resort jadi hotel berbintang yang masih mempertahankan arsitektur Belanda. Dahulunya, hotel ini memang bekas tempat istirahat para gubernur dan petinggi perkebunan zaman Belanda tahun 1857 hingga zaman kemerdekaan. 

Lokasi hotel terletak di kaki Gunung Gede dan Pangrango. Masih asri, karena dikelilingi oleh perkebunan teh dan hamparan rumput yang luas. Pepohonan tinggi di sekitar pun membuat suasana hotel seluas 20 hektare ini sekaligus menjadi tempat wisata favorit bagi mereka yang mencari suasana dingin di kawasan kaki gunung. 

12 Wisata Sukabumi yang Membuatmu Takjub

Selabintana Resort punya kapasitas 143 kamar. Delapan bangunan di sana memadukan aristek klasik dan modern yang jadi bukti sejarah di mana Sukabumi adalah tempat bermukim Gubernur serta sejumlah bangsawan Belanda dan petinggi perkebunan. Bangunan ini didirikan sejak tahun 1853 oleh pemilik hotel Aae Lenne dengan nama awal Victoria Gran Hotel. 

Meski sudah dilakukan pemugaran, namun tak menghilangkan kesan klasik hotel ini. Nuansa tersebut dapat dilihat dari keramik, tempat lampu, lemari, dan halaman luar hotel yang terdiri dari kebun bunga, kolam ikan, serta lampu-lampu hias. 

Daftar Tempat Wisata di Sukabumi yang Cocok untuk Berlibur

Di belakang hotel, Anda dapat menikmati hamparan luas dengan pemandangan gunung dan kebun teh. Anda akan betah berlama-lama sambil menikmati alam pegunungan yang berhawa dingin.

Saat musim liburan, kamar hotel berarsitektur Belanda ini habis dipesan para tamu yang ingin merasakan suasana hotel berbeda. (one)

Laporan: Muhamad Akasah tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya