Tips Berwisata dengan Penyandang Difabel

Ilustrasi difabel.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Modernisasi terus berkembang dari tahun ke tahun, salah satunya adalah fasilitas untuk orang yang berkebutuhan khusus, atau difabel. Karena itu, berwisata dengan penyandang difabel menjadi lebih mudah saat ini. 

Berkah Ramadhan, Belanja Bersama Difabel, Sebuah Inisiatif yang Menginspirasi

Walaupun sudah banyak fasilitas yang diberikan, untuk para difabel masih harus ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Berikut, ada beberapa tips yang harus dipertimbangkan, ketika berwisata dengan penyandang difabel, seperti dilansir laman Travelerstoday.

Berkonsultasi dengan dokter

DPR Sebut berkat Terobosan Kapolri Kaum Difabel Bisa Jadi Polisi

Beberapa aktivitas dan lingkungan bisa dilarang untuk orang difabel. Karena itu, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, jika perjalanan bisa menyebabkan kerugian, atau rekan yang berkebutuhan khusus. 

Selain itu, tidak semua obat medis untuk penyandang difabel dapat dengan mudah ditemukan di tempat tujuan, sehingga lebih baik membawa obat-obatan yang diresepkan dari dokter.

2 Orang Peserta Difabel Lolos Tes Tingkat Akhir SIPSS Polri

Ingat, Anda juga harus menginformasikan ke dokter untuk memberikan rincian secara spesifik sehubungan dengan perjalanan Anda, dan membantunya untuk memutuskan apakah perjalanan tersebut baik untuk penyandang difabel atau tidak.

Hati-hati memilih tujuan wisata

Beberapa mungkin baik untuk orang biasa, tetapi mungkin tidak cocok untuk orang berkebutuhan khusus. Orang biasa mungkin bisa berjalan ke seluruh lokasi, naik tangga, dan berjalan, tetapi orang difabel mungkin akan kesulitan melakukannya. 

Karena itu, Anda harus hati-hati merencanakan tujuan dan rute yang harus diambil. Selalu pertimbangkan, apakah tujuan tersebut dapat diakses oleh orang berkebutuhan khusus.

Memesan tiket lebih awal

Jika Anda melakukan perjalanan udara, Anda perlu memesan penerbangan lebih awal dan memberitahukan staf maskapai Anda bepergian dengan orang yang berkebutuhan khusus.

Dengan semua pemeriksaan bagasi, antrean panjang dan waktu menunggu yang melelahkan, Anda mungkin ingin menggunakan jalur prioritas penyandang difabel.

Lakukan penelitian dan cari tahu hak-haknya

Selalu ingat bahwa penyandang difabel diprioritaskan di hampir seluruh lokasi. Penyandang difabel juga diberikan sejumlah hak istimewa serta diskon di hotel, restoran, taman hiburan, dan fasilitas lainnya. 

Tetap di area yang memudahkan penyandang difabel

Jika Anda berwisata dengan penyandang difabel, hindari lokasi ke daerah-daerah terpencil, atau ke tempat-tempat yang jauh dari ibu kota. Selalu pastikan bahwa lokasi Anda dekan dengan rumah sakit, sehingga ketika terjadi darurat, akan lebih mudah bagi Anda untuk membawa rekan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya