Pantai-pantai Indah di Mandalika

Pantai Gerupuk
Sumber :
  • Panduan Wisata Lombok

VIVA.co.id – Dengan luas wilayah 1.250 hektare, kawasan Lombok yang sering disebut dengan Mandalika di Nusa Tenggara Barat, menawarkan keindahan alam yang mempesona dan panorama pantai yang eksotis. Kawasan itu terus mengalami perkembangan, sehingga berpotensi sebagai destinasi Bali kedua di Indonesia.

Valentino Rossi Bakal Hadir di MotoGP Mandalika 2024

Dikutip dari berbagai sumber, ada pun nama Mandalika, diambil dari nama seorang putri yang menjadi cerita legenda warga suku Sasak di Lombok. Kawasan Mandalika, tepatnya berada di Kabupaten Lombok Tengah dan berbentuk seperti kawasan pesisir dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 16 kilometer.

Di kawasan tersebut, sekiranya ada lima pantai yang menjadi favorit, karena keindahannya dan memiliki keunikan tersendiri. Di antaranya, Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta, Pantai Serenting, Pantai Seger, dan Pantai Gerepuk.

Logistik MotoGP 2023 Tiba di Lombok, Beratnya 111 Ton!

Pantai-pantai tersebut, diketahui memiliki keunggulan, yakni airnya yang jernih dan ombak yang tenang. Ada pula, ketika air sedang surut, akan mudah bagi Anda yang berkunjung ke sana untuk menemukan biota-biota laut secara dekat seperti ganggang, bintang laut, dan teripang.

Selain pemandangan lautnya, kawasan tersebut juga dikelilingi pemandangan alam yang hijau. Banyak spot-spot di kawasan itu juga yang sangat menarik untuk diabadikan.

Girangnya Warga Lombok Dapat Sepatu dari Toprak Razgatlioglu

Nah, berikut lima ulasan pantai-pantai favorit di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

1. Pantai Tanjung Aan

Tanjung Aan, merupakan sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang ketika musim hujan akan terlihat sangat hijau. Yang unik dari pantai ini adalah tekstur pasirnya yang mirip bulir-bulir merica, sehingga beberapa orang menjuluki pantai ini dengan Pantai Merica.

2. Pantai Seger

Putri Mandalika dikisahkan sebagai seorang putri raja yang memiliki paras cantik. Ia memiliki banyak sekali penggemar. Monumen putri cantik tersebut -beserta para penggemarnya- dibangun di salah satu spot di kawasan Pantai Seger, Lombok.

Pantai Seger, merupakan salah satu pantai paling terkenal di kawasan Mandalika selain Kuta. Pantai ini menjadi pusat perayaan Festival Bau Nyale, yang rutin diadakan setiap tahun di Lombok. Di sekitar pantai ini, ada sebuah resort yang halaman belakangnya langsung mengarah ke Pantai Seger.

Di samping itu, ada kesan berbeda saat Anda ingin menikmati pantai tersebut, kalau biasanya menikmati pantai dari tepianya saja, di pantai Seger Anda bisa dari beberapa sudut berbeda seperti dari atas bukit. Khususnya, saat menjelang petang, Anda bisa menikmati panorama matahari terbenam yang mempesona.

Tak hanya memandangi keindahannya, Anda juga bisa merasakan langsung segarnya air di pantai Seger dengan berenang hingga berselancar.

3. Pantai Kuta

Tidak hanya di Bali, di Lombok juga ada pantai dengan nama Kuta. Bisa dibilang, kalau saat ini Pantai Kuta, merupakan pantai paling ramai di Kawasan Mandalika.

Kawasan di sekitar pantai ini memang telah berkembang sebelum pemerintah memasukkan kawasan Mandalika ke dalam 10 Bali Baru. Beberapa toko souvenir, serta rental peralatan surfing sudah banyak terdapat di sekitar pantai.

Adapun aktivitas di pantai Kuta tak jauh berbeda dengan pantai Aan, yakni bermain pasir di tepi pantai yang bentuknya seperti merica, main ayunan hingga snorkling.

4. Pantai Serenting

Pantai ini berlokasi di sebelah Pantai Seger. Biasanya pantai ini akan sangat ramai saat perayaan Festival Bau Nyale, atau kegiatan menangkap cacing laut yang legendaris. Selebihnya, tidak banyak yang berkunjung ke pantai cantik ini. Saat ini, pantai Serenting pun masih dikelola secara sederhana oleh Kelompok Sadar Wisata desa setempat.

5. Pantai Gerupuk

Pantai lain di kawasan Mandalika yang tidak kalah keren adalah Pantai Gerupuk. Di kawasan Mandalika, pantai ini dikenal sebagai salah satu lokasi surfing. Bagi yang tidak bisa berselancar, mengunjungi pantai ini bukan merupakan pilihan yang salah, karena Anda masih bisa melakukan banyak kegiatan menarik lainnya. Suasana di pantai ini sendiri tak jauh beda dengan pantai-pantai lain di Mandalika, juga Lombok secara umum, yakni berpasir putih dengan ombak di bibir pantai yang cenderung kalem.

Kawasan pantai ini juga sudah cukup berkembang dengan keberadaan beberapa fasilitas pendukung. Pantai ini berjarak sekitar sembilan kilometer dari Pantai Kuta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya