Mengenal Suku Dayak di Festival Budaya Insen Mulang

Kota Sampit
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)  menggelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2017 yang akan berlangsung  di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalsel pada 19-22 Mei 2017.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan mengatakan, acara ini sebagai salah  satu ajang promosi wisata di Kalimantan Tengah, dan mengenal wisata budaya dan berbagai macam kekayaan alam lainnya yang di miliki Kalimantan tengah.

"Ini salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dan potensi pariwisata Kalteng yang bertumpu pada daya tarik budaya, alam, dan wisata buatan, serta mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kalteng, yang menargetkan sebanyak  553 ribu wisatawan pada 2019," kata Guntur Talajan di Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Alam Indonesia Unik, Berpotensi Kembangkan Geopark Skala Dunia

Guntur mengharapkan, ajang ini bisa menyedot perhatian puluhan ribu wisatawan dari nusantara maupun dari mancanegara. “Khusus untuk penyelenggaraan FBIM 2017 kita menargetkan 10.000 wisatawan nusantara dan 500 wisatawan mancanegara,” ujar Guntur.

Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan FBIM 2017, sebagai sarana yang efektif untuk melestarikan, dan mengembangkan budaya masyarakat khususnya suku Dayak.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Selain itu, penyelenggaraan FBIM kini semakin meningkat baik dari jumlah kegiatan atau lomba maupun masyarakat yang datang. FBIM 2017 nanti akan menghadirkan 20 kegiatan utama. Semua kegiatan seni pertunjukan, dan permainan tradisional diangkat dari kearifan lokal masyarakat Kalteng. 

Acara ini akan berlangsung di empat lokasi yakni, Taman Kota Sampit, Sungai Mentaya (Pelabuhan Patung Jelawat), Borneo Citymall, dan Stadion 29 Nopember Kota Sampit. (mus)

Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021