Tiga Kota 'Hantu' di Hong Kong, Seseram Apa?

Sha Lo Tung
Sumber :
  • Wikipedia/Chong Fat

VIVA.co.id – Selain panorama yang indah dan tempat-tempat wisata menakjubkan, Hong Kong pun memiliki tempat-tempat yang tak biasa. Tempat itu merupakan sebuah kawasan yang ditinggalkan penduduknya dan berubah menjadi kota ‘hantu’.

Menlu Jamin Pendampingan Hukum Jurnalis RI yang Tertembak di Hongkong

Dilansir Toggle, di Hong Kong dan beberapa kawasan ternyata merupakan tempat tak berpenghuni yang menyimpan misteri. Berikut ulasannya.

Hong Kong

Veby, Jurnalis RI yang Tertembak di Hong Kong Dikabarkan Buta Permanen

Tampaknya tidak masuk akal untuk membayangkan bahwa kota berpenduduk padat seperti Hong Kong memiliki bangunan yang ditinggalkan dan kosong. Namun sebagian besar wilayah kota tersebut sebenarnya adalah daerah pedesaan yang jarang dihuni. 

Sha Lo Tung

Wartawan Indonesia Kena Tembak Demo Ricuh di Hong Kong

Meskipun terbengkalai dan sebagian besar runtuh, rumah-rumah yang ditinggalkan membuat pemandangan yang menakjubkan dengan banyak pepohonan.Lahan basah Sha Lo Tung sendiri adalah kawasan ekologis yang dilindungi.

Kunjungan di musim semi dan musim panas menjanjikan pemandangan flora dan fauna yang rimbun. Kawasan ini juga merupakan habitat utama untuk capung, dan kupu-kupu, dan sangat bagus untuk mengamati burung.

Ma Wan

Sejak pemerintah mengusir penghuninya pada 2011, desa Ma Wan tak lagi berpenghuni. Pada masa jayanya, ia dikenal sebagai desa budidaya ikan yang subur. Namun kini yang terlihat hanya rumah-rumah panggung bobrok di tepi perairan, taman bermain yang lapuk dan rumah-rumah kosong lengkap dengan cat yang mengelupas dan perabotan rusak. 

Banyak bangunan semacam itu dipasang dengan tanda 'No Trespassing' atau dilarang masuk tanpa izin, namun ada beberapa yang bisa Anda akses dengan bebas. Menariknya, lampu jalan masih menyala di malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya