Delapan Cara Menyelamatkan Perjalanan Mudik Anda

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Melakukan perjalanan jauh sering kali membuat biaya semakin melonjak. Terutama, bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

5 Cara Bikin Mobil Nyaman Walau Kondisi Jalanan Macet saat Mudik Lebaran

Kenapa? Karena biasanya, ini terjadi saat Anda tak mempersiapkannya secara matang untuk bepergian. Biaya bensin, makan, tempat menginap selama melakukan perjalanan darat akan membuat biaya membengkak.

Dikutip laman Huffington Post, Jumat 9 Juni 2017, ada beberapa trik agar perjalanan Anda aman dan nyaman saat berkendara menempuh perjalanan jauh. Hal ini juga bisa menjadi perhatian bagi Anda yang ingin bermudik di liburan Lebaran mendatang.

Tips Mudik Anti Loyo Saat Puasa di Tol, Simak Rahasianya!

Tidak ada yang lebih baik dari perjalanan yang aman dan nyaman. Dan yang terpenting Anda bisa lebih menyimpan uang saku Anda untuk keperluan yang lebih berarti saat perjalanan.

1. Selalu rencanakan perjalanan Anda dengan baik. Perjalanan jauh dengan menempuh waktu lebih dari empat atau lima jam kerap membuat kelelahan dan lapar, terutama bagi sopir.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Tapi percayalah, Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya, seperti makanan dan minuman bahkan pelengkap kenyamanan sang sopir. Hal itu bisa mengurangi uang saku Anda tanpa harus mengeluarkan uang tambahan menyewa hotel untuk beristirahat sejenak.

2. Biasakan isi bahan bakar kendaraan Anda di awal perjalanan. Ini sangat membantu, karena saat di perjalanan banyak hal yang mungkin tak menyempatkan Anda untuk mengisinya segera. Lantaran macet yang berkepanjangan atau letak tempat pengisian bahan bakar yang terlalu jauh.

3. Miliki ruang atau pendingin untuk menyimpan makanan dan minuman Anda. Selain itu, biasakan makan sebelum perjalanan agar perut Anda terisi.

Mungkin, hal ini pun cukup berarti untuk mengemat uang Anda. Karena, saat Anda makan dan minum di restoran akan lumayan mengeluarkan uang yang harganya belum bisa Anda prediksikan.

4. Buat rencana berikutnya dari rencana awal Anda. Di mana hal ini kerap terjadi saat jalanan menjadi macet berkepanjangan dan hal lainnya.

5. Lakukan pengecekan kendaraan sebelum lakukan perjalanan. Mungkin Anda memang harus mengeluarkan uang di awal, tapi tidak ada yang lebih buruk atau lebih mahal daripada mogok di tengah perjalanan ke tempat tujuan Anda.

6. Kemas isi kendaraan secara efisien. Ini penting, apabila beban kendaraan Anda melebihi batas sangat berisiko. Maka, sebaiknya Anda kemas secara matang isi kendaraan Anda, sehingga menjadikannya aman dan nyaman selama di perjalanan.

7. Siapkan obat-obatan. Bagi yang membawa anak-anak, siapkan juga segala kebutuhannya dengan baik.

8. Penting juga bagi Anda, persiapkan ban pengganti di bagasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya