100 Masjid Indah Indonesia Siap Jadi Pusat Perhatian Dunia

Masjid Raya Jakarta, Masjid KH Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata Arief Yahya berencana membangun 100 masjid di seluruh Indonesia. Pembangunan masjid ini, kata dia, sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara. 

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

"Saya sudah ketemu Pak Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia, itu disepakati, bahwa kita akan develop dan bangun 100 masjid yang akan kita jadikan destinasi pariwisata dengan total wisman 500 ribu," ungkap Menpar saat diskusi dan buka puasa bersama di Bakmi Naga, Kelapa Gading Jakarta, Utara.

Arief melanjutkan, pembangunan 100 masjid ini juga diharapkan tidak hanya mempunyai nilai spiritual, tapi juga sisi komersial yang bisa menjadi daya tarik. Namun, dia menegaskan, bahwa nantinya akan dilakukan dialog lebih lanjut dengan pemerintah daerah masing-masing dalam hal pembangunan 100 masjid ini. 

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

"Bagi masjid tidak mau enggak apa-apa kita tidak akan memaksa. Tapi kalau kita tahu Masjidil Haram itu sekarang juga sudah jadi pusat pariwisata dengan daya tarik spiritualnya," katanya. 

Dia melanjutkan, di Masjidil Haram, semua sarana hotel dan fasilitas lainnya, sudah memiliki kelas internasional dan dikelola secara profesional. 

5 Masjid Unik di Indonesia

"Hotelnya di sana hotel internasional yang dikelola nonmuslim jadi aneh sekali kalau di pusat Saudi Arabia treatment-nya seperti itu, tapi di sini kita tidak lakukan. Jadi masjid itu semakin disejahterakan akan semakin mensejahterakan," tegasnya kemudian.

Pada tahun ini Menpar sendiri menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 15 juta orang, sedangkan di tahun 2019 mendatang dia menargetkan 20 juta wisman. 

Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021